BinmasMitra Polisi

Polsanak, Bhabinkamtibmas Kenalkan Tugas Polisi kepada Anak SD

jateng.tribratanews.com/ – Brebes – Guna menumbuhkan kecintaan anak-anak kepada polisi sejak dini, jajaran Kepolisian Sektor Wanasari Resor Brebes Jawa Tengah rutin melakukan kegiatan Polisi Sahabat Anak (Polsanak) di sekolah-sekolah.

Rabu (25/01) pukul 09.00 wib bertempat di SD N 02 Lengkong Wanasari, Bhabinkamtibmas Desa Lengkong  Bripka Tumijan melaksanakan kegiatan Polisi Sahabat Anak. Didampingi staf guru, Bripka Tumijan memperkenalkan tugas polisi sebagai pelindung, pangayom, dan pelayan masyarakat yang disampaikan dengan bahasa sederhana dan dengan metode belajar sambil bermain.

Raut ceria terlihat dari wajah anak-anak ini. Tak nampak rasa takut ketika bertemu dengan polisi,  padahal di lapangan biasanya polisi menjadi sosok menakutkan bagi anak-anak. Terkadang para orangtua menggunakannya untuk menakut-nakuti anak yang rewel atau nakal.

Menurut  salah seorang guru, kegiatan Polisi Sahabat Anak ini merupakan kegiatan positif. Terlebih anak-anak dikenalkan dengan berbagai hal yang baru seperti tugas polisi, rambu-rambu lalu lintas, dan cara disiplin di sekolah serta di rumah. “Saya pikir kegiatan ini sangat bagus. Apalagi bisa memperbaiki citra polisi. Soalnya anak-anak kadang takut sama polisi. Setelah dikenalkan langsung, ternyata polisi ramah-ramah,” ungkap Harjo salah satu guru SD.

Tujuan kegiatan Polisi Sahabat Anak ini adalah untuk menanamkan kecintaan anak-anak kepada polisi sejak dini. Selain itu dengan ditanamkan sejak dini, diharapkan para siswa ini kelak kalau sudah dewasa bisa lebih disiplin dan mematuhi segala peraturan lalu lintas.

“Kegiatan Polisi Sahabat Anak  ini guna menciptakan kemitraan polisi dengan anak–anak melalui pendidikan sedini mungkin, mengetahui tertib lalu lintas dan tugas Polisi. Selain itu juga menghilangkan adanya rasa takut dari anak-anak terhadap Polisi,” ujar Tumijan. (Hms/PID Wanasari)

Berita Terkait