Mitra Polisi

Apel Kasat Kamling, Kapolres Pekalongan : Solidaritas Warga Adalah Kunci Kesuksesan Penyelenggaraan Satkamling

Polres Pekalongan – Polda Jateng – jateng.tribratanews.com I Apel Kasat Kamling digelar Polres Pekalongan sebagai upaya menciptakan dan memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat dalam tahapan Pilkada 2024, Senin (08/07).

Kegiatan yang dilaksanakan di halaman Polres Pekalongan, dipimpin langsung oleh Kapolres AKBP Wahyu Rohadi, S.I.K., M.H. hadir pula para PJU Polres Pekalongan, Kapolsek jajaran, anggota Polres Pekalongan, Bhabinkamtibmas Polres Pekalongan serta Kasat Kamling jajaran Polres Pekalongan.

Disampaikan AKBP Wahyu Rohadi, Satkamling adalah garda terdepan di setiap lingkungan kelurahan/desa serta rt/rw. Oleh karena itu, kehadirannya diharapkan mampu menjadi early warning terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian pemolisian yang prediktif.

“Apel yang kita laksanakan pada hari ini merupakan salah satu upaya Polri untuk mempercepat upaya satkamling. Semoga meningkatkan mengoptimalisasikan revitalisasi kegiatan ini dapat semangat dan peran satkamling dalam mengemban fungsi Kepolisian terbatas guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa,” ujarnya.

Menurutnya, situasi kamtibmas yang kondusif merupakan salah satu prasyarat utama dalam terselenggaranya pembangunan nasional dan mewujudkan cita-cita luhur bangsa indonesia. Tentunya berbagai dinamika tantangan tersebut harus dihadapi bersama dengan mengedepankan kolaborasi dan partisipasi aktif masyarakat.

“Solidaritas warga adalah kunci kesuksesan penyelenggaraan satkamling. Selain itu, satkamling juga harus senantiasa bersinergi dengan Polri dan pemangku kepentingan lainnya, sehingga pelaksanaan tugas di lapangan dapat berjalan dengan optimal,” imbuh Kapolres.

Saat ini, satkamling mempunyai peran sentral dalam upaya pemeliharaan kamtibmas, terlebih akan menghadapi agenda pilkada serentak tahun 2024.

Kapolres Pekalongan berpesan agar kehadiran satkamling harus betul-betul bisa menjadi cooling system di lingkungannya masing- masing.

Dalam kesempatan itu, AKBP Wahyu Rohadi juga menyerahkan piala dan piagam kepada pemenang lomba Satkamling. Sebagaimana diketahui, untuk juara pertama diraih oleh pos satkamling Ertu Priyon Desa Sinagohprendeng Rt. 02 Rw. 01. Sementara juara kedua satkamling Pedawang Barat Desa Pedawang Rt. 03 Rw. 01 dan ketiga diraih oleh satkamling Guyub Rukun Desa Getas Rt. 05 Rw. 02.

“Saya mengucapkan selamat dan apresiasi yang setinggi – tingginya kepada petugas satkamling yang sudah mendukung pelaksanaan lomba desa atau kelurahan aman (lomba satkamling) tingkat Polres Pekalongan. Kepada para juara, semoga apa yang sudah baik ini dapat dipertahankan, bahkan ditingkatkan,” pungkasnya.

Kepada para Kapolsek, Kapolres mengharapkan untuk selalu mendukung kegiatan satkamling guna menumbuhkembangkan semangat pam swakarsa dan pengabdian sukarela serta berperan dalam penanggulangan bencana alam. (afk)

Berita Terkait