Binmas

Polres Purbalingga Gelar Pelatihan Satpam Gada Pratama 2024

Polres Purbalingga – jateng.tribratanews.com | Polres Purbalingga menggelar pelatihan Satpam Gada Pratama tahun 2024. Pembukaan pelatihan dilaksanakan melalui upacara di Gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Purbalingga, Kamis (29/2/2024).
Bertindak selaku inspektur upacara Kanit Binlat Ditbinmas Polda Jateng Kompol  Dewi Endah Utami. Sedangkan peserta upacara adalah seluruh anggota Satpam yang mengikuti pelatihan.
Kompol Dewi Endah Utami dalam amanatnya menyampaikan bahwa dalam Undang-undang Nomor 2 tahun 2022 dijelaskan bahwa dalam pelaksanaan tugasnya Polri dibantu oleh pengamanan swakarsa. Salah satu pengamanan swakarsa yaitu satuan pengamanan.
“Untuk membentuk Satpam yang profesional dan berlegitimasi maka diadakan Pelatihan Gada Pratama,” ucapnya.
Kompol Dewi berpesan agar para anggota Satpam peserta pelatihan bisa mengikuti kegiatan dengan baik. Semua materi yang nantinya diberikan seperti sistem pengamanan, pengaturan, penjagaan, patroli, bela diri dan materi lain bisa diserap dengan baik.
“Selain itu, penampilan anggota Satpam harus teliti, rapi, bersih dan nyaman untuk dilihat dalam bertugas dan memberikan pelayanan,” pesannya.
Terakhir Kompol Dewi menyampaikan agar seorang satpam harus memiliki mental kepribadian yang terasah dan terlatih. Sehingga dengan seluruh kemampuan yang dimiliki mampu menghadapi segala situasi apapun.
Sementara itu, Kasat Binmas Polres Purbalingga AKP Tedy Subiyarsono  mengatakan bahwa kegiatan Pelatihan Gada Pratama 2024 diselenggarakan Polres Purbalingga bekerja sama dengan Bandan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP) PT Prasetya Aman Sentosa Semarang.
“Kegiatan diikuti oleh 51 orang anggota Satpam yang terdiri dari 50 laki-laki dan satu perempuan,” jelasnya.
Kasat Binmas menambahkan bahwa kegiatan pelatihan akan dilaksanakan terhitung mulai 29 Februari – 8 Maret 2024. Pembelajaran akan dilaksanakan mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB. Para peserta akan mengikuti pola 140 jam pelajaran.

Berita Terkait