Mitra Polisi

Sinergitas TNI-Polri, Perhutani dan Masyarakat, Tanam 500 Bibit Pohon

Polres pekalongan – Polda Jateng – jateng.tribratanews.com I TNI-Polri, Perhutani bersama komponen masyarakat di Desa Bukur Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan melaksanakan penanaman 500 bibit berbagai macam jenis tanaman, Jumat (26/01/2024).

Kegiatan penghijauan ini dipimpin oleh Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 0710 Pekalongan Korem 071 Wijayakusuma Mayor Kav Moch Purbo Suseno. Penanaman bibit pohon dihadiri personil dari Polres Pekalongan, BPBD, mahasiswa, pelajar, FKPPI, ormas, KPH Perum Perhutani Pekalongan Timur, linmas dan masyarakat setempat yang berjumlah kurang lebih 250 orang.

Pabung Mayor Kav Purbo Suseno yang membacakan amanat Dandim 0710 Pekalongan Letkol Inf Rizky Aditya, menyampaikan, kegiatan penanaman pohon merupakan program satuan teritorial yang bersinergi dengan Polri dan pemerintah. Tujuannya menciptakan lingkungan yang hijau dan asri serta menumbuhkan semangat gotong-royong antara TNI, Polri dan masyarakat.

Danramil Bojong Kapten Arh Wiyoto selaku koordinator penanaman pohon, mengatakan, selain untuk menjaga kelestarian alam, penanaman pohon juga dimaksudkan untuk mencegah longsor di saat musim hujan.

“Dengan ditanami berbagai macam jenis pohon ini kita berharap lahan yang tadinya sudah gundul bisa menjadi rindang kembali sehingga nantinya bisa bermanfaat dan mencegah longsor serta banjir di saat musim hujan,” jelasnya.

Kapten Arh Wiyoto berharap, apa yang sudah ditanam saat ini bisa dijaga dan dirawat bersama, sehingga apa yang menjadi tujuan dari penghijauan ini bisa tercapai dan bermanfaat bagi masyarakat Desa Bukur dan warga Kecamatan Bojong pada umumnya.

Sementara itu, Kasat Samapta AKP Suhadi, S.H yang mewakili Kapolres Pekalongan AKBP Wahyu Rohadi, S.I.K., M.H mengungkapkan kegiatan penanaman ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, terutama dalam menjaga kelestarian lingkungan.

“TNI-Polri bersinergi bersama warga masyarakat dan instansi terkait dalam menciptakan kebersamaan melalui penghijauan dengan penanaman ratusan bibit tanaman. Mudah-mudahan kegiatan ini bermanfaat bagi warga, khususnya di Desa Bukur Kecamatan Bojong,” ujarnya. (afk)

Berita Terkait