Featured

Propam Polres Temanggung Gelar Gaktiplin Dadakan Terhadap Anggota

Polres Temanggung – jateng.tribratanews.com | Usai pelaksanaan apel pagi, Seksi Propam Polres Temanggung Polda Jawa Tengah gelar Pemeriksaan Penegakan Ketertiban dan Kedisiplinan (Gaktibplin) terhadap anggota jajaran Polres Temanggung untuk mencegah terjadinya pelanggaran yang dilakukan oleh personel Polri.

“Seluruh anggota Polres Temanggung baik Perwira, Brigadir maupun ASN (Aparatur Sipil Negara) turut menjalani pemeriksaan Seksi Propam Polres Temanggung,” terang Wakapolres Temanggung Kompol Ahmad Ghifar Al Ahfaqsyi saat memimpin gaktiplin, Senin (15/11/2021).

Wakapolres menyampaikan bahwa Polri terus berupaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya personelnya. Dalam hal ini di Polres Temanggung dibuktikan dengan diadakannya Gaktibplin.

“Sebagai Polri harus memiliki sikap tampang disiplin baik saat berdinas maupun dalam kehidupan dehari-hari sehingga dapat menjadi contoh yang baik bagi masyarakat,” katanya.

Sementara itu Kasi Propam Polres Temanggung Iptu Tasari mengatakan bahwa gaktiblin tersebut dilaksanakan secara mendadak dan tidak terjadwal, dengan hal itu bertujuan supaya setiap personel tetap disiplin setiap saat dan setiap waktu.

“Dalam pemeriksaan ditemukan beberapa anggota yang masih belum rapi yaitu ada beberapa anggota yang rambut dan bulu jenggot tidak sesuai ketentuan,” jelasnya.

“Bagi anggota yang ditemukan pelanggaran dilakukan teguran lisan dan juga penyitaan KTA (Kartu Tanda Anggota),” tegas Kasi Propam

Tujuan dilaksanakan gaktiplin ini untuk mencegah terjadinya pelanggaran yang dilakukan oleh anggota dengan sasaran sikap tampang personil, seragam kepolisian (gampol), kehadiran, kelengkapan surat kendaraan baik roda dua maupun roda empat, kebersihan dan surat kepemilikan senjata api, serta kelengkapan identitas diri (SIM, KTP, KTA).

Lebih lanjut Tasari menyampaikan tidak hanya pemeriksaan sikap tampang maupun surat nyata diri, namun guna mengantisipasi peredaran maupun pemakaian Narkoba pada anggota Polri maka dilakukan juga tes urin secara acak kepada anggota Polri.

“Alhamdulillah dalam tes urin tidak ditemukan anggota yang terindikasi dalam pengaruh narkoba maupun alkohol,” pungkasnya.

(Humas Polres Temanggung)

Berita Terkait