Giat Ops

Patroli Gabungan TNI-POLRI dan Satpol-PP Dalam Rangka Operasi Yustisi Penanganan Covid-19

Polrestabes Semarang – jateng.tribratanews.com, Kota Semarang – Polrestabes Semarang, Melaksanakan kegiatan Patroli Gabungan TNI-POLRI dan Satpol-PP dalam rangka Operasi Yustisi Penanganan Covid-19 guna Meningkatkan Disiplin serta Penegakan Hukum Protokol Kesehatan yang dilaksanakan dengan PKM (Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang berlokasi pendisiplinan di Depan Kelurahan Tlogosari Kulon Jalan Tlogosari Raya, yang dipimpin oleh Kompol Dedy Mulyadi, SH. pada hari Selasa, (22/09/2020).

Kegiatan tersebut diikuti oleh 64 personil gabungan, yang kemudian patroli dilaksanakan pada tingkat kecamatan dan kelurahan dengan sasaran tempat seperti pabrik atau perkantoran, tempat hiburan, Café, tempat wisata, pedagang kaki lima dan juga pasar tradisional, yang mana tempat-tempat tersebut merupakan tempat yang rawan akan hal penyebaran wabah Covid-19.

Kemudian menindak tegas dan memberikan sanksi kepada masyarakat yang melanggar dan tidak mematuhi protokol kesehatan. Diketahui pelanggar dari hasil patroli tersebut berjumlah 56 orang, masing-masing pelanggar dikenai hukuman untuk menulis Surat Pernyataan sebanyak 41 orang, kemudian hukuman Push Up 11 orang dan mengucapkan Pancasila sebanyak 4 orang.

Maksud dari hukuman tersebut agar memberi efek jera dan diharapkan untuk mematuhi protokol kesehatan yang kedepanya agar bisa menjadi lebih baik, serta dapat membantu mengenai hal percepatan penanganan Covid-19.

Masyarakat senantiasa dihimbau agar selalu menjaga jarak kurang lebih 1 meter, selalu menggunakan masker dan mencuci tangan menggunakan sabun atau membawa handsanitizer, juga dihimbau untuk tidak mendatangi tempat yang ramai, dimana dikhawatirkan penyebaran Covid-19 makin meluas dan tidak kunjung turun. Untuk waktu ini didapati keterangan bahwa jumlah positif Covid-19 di Kota Semarang angkanya menurun tetapi masih terbilang tinggi.

Kegiatan tersebut berlangsung sejak pukul 20.00 s/d 22.00 WIB selesai dengan lancar, tertib, aman dan kondusif, masyakarat juga sangat koorperatif dalam pelaksanaan kegiatan Operasi Yustisi tersebut sehingga tidak terjadi kendala yang berarti.

(Humas Polrestabes Semarang)

Berita Terkait