Binkam

Penyulingan Minyak Cengkeh di Kecamatan Jambu Habis Terbakar

jateng.tribratanews.com, Polda Jateng, Kapubaten Semarang – Penyulingan minyak cengkeh di Dusun Jlamprang RT 02 RW 06 Desa Gemawang Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang ludes dilalap Si Jago Merah, Rabu (20/11/2019 malam kemarin sekira pukul 18.30 Wib.

Kasubag Humas Polres Semarang, IPTU Budi Supraptono mengatakan, Berdasarkan keterangan Bambang Sutejo (44) warga Lingkungan Tlogomayong RT 04 RW 05 Kelurahan Gondoriyo, menyebutkan setelah selesai menyuling daun cengkeh menjadi minyak cengkeh selesai sekitar pukul 17. 00 Wib, ia mengeluarkan atau menurunkan daun cengkeh yang selesai di suling dari dandang yang di gunakan untuk menyuling. Setelah itu Bambang Sutejo meninggalkan tempat penyulingan tersebut ke rumah di Lingkungan Tlogomayong Kel Gondoriyo.

“ Kebakaran awalnya diketahui sekitar pukul 18.30 Wib oleh Mahmudi (23) warga Dusun Jlamprang RT 02 RW 04 Desa Gemawang, saat keluar rumah melihat ada kobaran api di tempat penyulingan tersebut yang berlokasi di depan rumahnya ternyata api di dalam tungku tersebut masih menyala dan membakar daun pala, daun cengkeh atau tangkai yang siap di suling dan api semakin membesar dan membakar seluruh bangungan yg terbuat dari kayu yang berukuran panjang 17 mtr x 12 mtr persegi,”jelas IPTU Budi.

Lebih lanjut IPTU Budi menambahkan, dalam kejadian tersebut tidak ada koban jiwa dan hanya kerugian materiel sebesar Rp. 325.000.000,- ( Tiga Ratus Dua Puluh Lima Juta Rupiah ) yang terdiri bangunan minyak cengkeh 170 liter, daun cengkeh atau tangkai cengkeh, daun pala serta peralatan penyulingan.

“Adapun penyebab kejadian tersebut karena faktor kelalaian dari Karyawannya sendiri, Bambang Sutejo saat selesai menyuling api di tungku belum bener-benar padam sudah di tinggal pulang ke rumah. Api dapat dipadamkan oleh PMK Kab Semarang, Polsek Jambu dan Babinsa Koramil Jambu dan dibantu oleh Masyarakat, “ pungkasnya.

Humas Polres Semarang

Berita Terkait