BinkamFeaturedGiat OpsHeadline

ASISTENSI WAKAPOLDA JATENG DALAM RANGKA PERSIAPAN PILKADA DI WILAYAH BANJARNEGARA

jateng.tribratanews.com/ – Selesai pelaksanaan kegiatan Asistensi kesiapan pilkada di wilayah polres cilacap Wakapolda jateng Brigjen Pol. Drs. FIRLI, M.Si melanjutkan kegiatan asistensi di Polres banjarnegara, (21/01/2017).

Dalam kunjungan kali ini Wakapolda Jateng memberikan arahan sebagai berikut :

Agar kita semua selalu mempedomani tugas pokok kita sebagai anggota Polri dan mengetahui tujuan polri sebagaimana UU No. 2 Tahun 2002 pada pasal 4 antara lain menjaga keamanan dalam negeri, menegakkan dan menertibkan hukum demi terselenggarannya pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Selain itu pedoman utama kita dalam kegiatan penyidikan juga agar selalu mempedomani KUHAP.

Dalam rangka kesiapan Pemilukada  agar Kapolres Banjarnegara melaksanakan apel besar dengan melibatkan Linmas, KPU, Panwas, Para Calon dan Timsukses Calon, Unsur FKPD serta sangat penting dengan adanya kesepakatan Pemilukada yang Damai.

Upaya-upaya dalam pemilukada Waspadai situasi kamtibmas pasca pemungutan suara di TPS, pastikan situasi di TPS benar-benar aman, gunakan alkom yang ada seperti HT dan sebagainya, Selain itu laksanakan  juga gladi pengamanan penghitungan suara di KPU serta siapkan seluruh personil baik sabhara, brimob, pemadam kebakaran, maupun alat pengendali massa lainya yg kita miliki.

Pada saat pelaksanaan penghitungan suara  dari PPK ke KPU agar betul-betul dicermati sehingga tidak terjadi kesalahan yang bersifat fatal khususnya dalam hal distribusi hasil penghitungan suara di PPK.

Pada saat penetapan Paslon terpilih agar mengantisipasi proses hitung cepat yang dilakukan oleh masing-masing Tim sukses, agar peran intelijen benar-benar maksimal dalam menggalang para timsukses masing-masing Paslon.

Apabila terjadi kasus / sengketa Pemilukada  agar berdayakan Sentra Gakkumdu, Sosialisasikan  peraturan KPU dan UU Pemilu, selain itu sebagai anggota Polri harus memahami surat suara yang syah dan tidak syah.

Untuk anggota BKO tidak diperbolehkan menggunakan istilah On Call namun diganti dengan istilah Siaga saja, berdayakan pula pleton siaga dari polres tetangga baik Purbalingga maupun Wonosobo (dukung dengan Pilun yang sesuai).

Anggota Intelkam agar terus melakukan penggalangan disemua lini untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif selama pelaksanaan Pemilukada di Banjarnegara.

Dalam pemilukada konflik dapat terjadi secara tiba-tiba.

Sebelum pelaksanaan Pilkada usahakan pertemuan Paslon Bup dan Cawabup dgn penyelenggara Pemilu dlm hal ini KPUD dan Polri untuk membuat pernyataan dan keswpakatan Pilkada secara damai .

Setiap tahap kampanye bicarakan dengan KPUD utk menjadwalkan giat kampanye agar tidak terjadi pertemuan antar paslon dan pendukung nya dengan paslon lain.

Pada saat penghitungan suara cek sekitar tempat penghitungan suara lakukan sterilisasi lokasi dan cek semua yg masuk untuk melaksanakan penghitungan suara.

Siapkan sarana dan prasarana antara lain :
1. Damkar
2. Ambulan kesehatan

Selalu absensi kotak suara yg belum masuk.

Hal yang perlu diperhatikan yaitu :
1. Quick to see yaitu cepat melihat kejadian.
2. Quick to Report yaitu cepat melaporkan.
3.Quick to predict yaitu cepat memperkirakan.
4. Quick to Decide yaitu cepat memutuskan.
5. Quick to action yaitu cepat untuk beraksi melakukan tindakan.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Kapolres Banjarnegara AKBP SAIFUL ANWAR, S.Sos., S.I.K., M.H, Wakapolres Banjarnegara Kompol WIDIYANTORO, SH, MH, Para Kabag, Para Kasat Fung, Kapolsek Jajaran Polres Banjarnegara dan perwira staf Polres Banjarnegara.

Hadi – PID Bidhumas Polda Jateng

#agussaibumi

Berita Terkait