Binmas

Polisi Sahabat Anak, Satbinmas Polres Banyuamas Kenalkan Tugas Polisi

jateng.tribratanews.com , Polda Jatang, Banyumas – Untuk mengenalkan sosok Polisi dan tugas polisi Sahabat Anak (PSA). Sebanyak puluhan siswa TK Negeri Kober Purwokerto Barat diundang untuk datang ke Mapolres Banyumas, Senin (04/2-2019).

Para siswa yang berasal dari sekolah TK Negeri Kober Purwokerto Barat diundang khusus, untuk pengenalan bersama Keluarga Besar Sat Binmas Polres Banyumas dengan tujuan pembelajaran terhadap keberadaan sosok Polisi Sahabat Anak (PSA).

Dalam kesempatan itu, Kapolres Banyumas AKBP Bambang Yudhantara Salamun, S.I.K melalui Kasat Binmas AKP Supriyadi, S.H dan didampingi oleh Para Kanit Binmas langsung menerima kedatangan seluruh siswa-siswi yang berkunjung ke Mapolres dengan senyuman hangat dan ceria.

“Ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Sat Binmas Polres Banyumas di setiap bulannya, dengan beragam tingkat pendidikan yang berkunjung. Di antaranya yaitu mulai dari PAUD, TK, dan SD,” kata Kasat Binmas.

Menurutnya, giat Polisi Sahabat Anak ini sengaja dilakukan untuk menanamkan kecintaan anak-anak kepada polisi, selain itu dengan ditanamkan sejak dini, diharapkan para siswa-siswi ini kelak bisa lebih disiplin dan mematuhi segala peraturan bahkan bukan itu saja dengan kegiatan ini pula diharapkan anak-anak tidak takut kepada polisi.

Sebab dari survey selama ini menyebutkan, jika anak-anak melihat polisi, mereka pasti takut,” ungkap Kasat Binmas kepada tim Tribratanews saat dimintai keterangan.

Lebih lanjut, Kasat Binmas menambahkan bahwa Polisi Sahabat Anak ini memiliki berbagai kegiatan, antara lain Pengenalan tugas Polisi Berkeliling dengan menggunakan Ranmor Dinas, Pengenalan Rambu-rambu di Taman Lalu Lintas, dan Pengenalan Kendaraan Dinas Water Canon Sabhara serta pengenalan unit satwa K-9.

“Melalui kegiatan bermain sambil belajar ini diharapkan memberikan pengenalan dan pengetahuan kepada anak usia dini tentang sejumlah tanda atau rambu lalu lintas, serta berbagai fungsi yang diemban oleh Kepolisian, dengan harapan anak lebih mengenal bagaimana polisi dalam menjalankan tugasnya,” ucapnya.

Sementara itu, dari pantauan di lokasi, para siswa TK tersebut tampak ceria saat berebutan ingin bersalaman dengan para Polisi. Mereka pun dengan senyuman yang sumringah dan ceria, langsung menaiki kendaraan dinas polisi walau rela harus mengantri menunggu bergantian.

(PID Promoter Humas Polres Banyumas)

Berita Terkait