BinkamFrameLantas

Lestarikan Budaya, Polres Purbalingga Gelar Wayang Kulit

Tribratanewspoldajateng.com, Purbalingga – Kepolisian Resor Purbalingga menggelar wayang kulit dalam rangka purna tugas anggota di halaman apel mapolres, Sabtu (25/2/2017) malam.
Hadir dalam acara para kabag, kasat, perwira staf, kapolsek serta anggota polres dan perwakilan dari polsek jajaran. Selain itu, tamu undangan dari para purnawirawan Polri serta warga masyarakat turut menyaksikan pagelaran wayang kulit tersebut.
Sebelum pentas wayang, Kapolres Purbalingga AKBP Agus Setyawan Heru Purnomo, S.H.,S.IK. menyerahkan secara simbolis wayang Kresna kepada dalang. Sedangkan lakon yang tampilkan pagelaran wayang ini adalah Kresna Duta.
Lakon ini menceritakan tugas yang diemban Prabu Kresna selaku duta Pandawa untuk meminta secara baik-baik Kerajaan Astina dan Amarta. Namun dalam perundingan yang dilakukan menemui kegagalan sehingga terjadilah perang Bharatayudha.
Kabag Sumda Polres Purbalingga Kompol Mugiman, S.H.,M.H. selaku ketua penyelenggara mengatakan kegiatan wayang kulit diselenggarakan dalam rangka purna tugas anggota Polres Purbalingga bulan Januari dan Pebruari 2017.
“Dalang dalam pagelaran wayang kulit ini adalah Brigadir Gimin Hartono anggota Sitipol Polres Purbalingga yang akan purna tugas akhir bulan ini,” jelas Kabag Sumda.
Selain dalam rangka purna tugas, pagelaran wayang juga untuk melestarikan salah satu seni budaya Indonesia. Dengan wayang ini juga untuk membangun komunikasi dengan masyarakat yang turut menyaksikan.
Sebelum acara dimulai ditampilkan juga wayang lalu lintas dari Unit Dikyasa Satlantas Polres Purbalingga. Dimana wayang dikemas lebih komunikatif untuk memberikan pendidikan lalu lintas kepada masyarakat.

Berita Terkait