Lantas

Tekan Angka Kecelakaan, Satlantas Polres Batang Bersama Polsek Limpung gelar razia

jateng.tribratanews.com, Batang –  Upaya Satlantas Polres Batang Polda Jawa Tengah dan Polsek Limpung untuk menekan angka kecelakaan Lalu lintas terus dilakukan, seperti pagi tadi dengan menggelar razia rutin. Dari pantauan puluhan kendaraan roda dua  berhasil terjaring dalam razia tersebut.
Satu persatu kendaraan yang melintas di Jalan depan Mapolsek  Limpung Polres Batang dihentikan untuk diperiksa kelengkapan berkendara, Selasa (24/10/17).

Kasat Lantas Polres Batang AKP Muhammad Adiel Ariesto, S.I.K., melalui  Kanit Laka Ipda Windarto mengatakan, bahwa gelaran razia kendaraan ini merupakan program rutin jajaran Satlantas sebagai tindakan preemtif atau mencegah dan menekan angka kecelakaan lalu lintas. Selain itu, juga untuk meningkatkan kesadaran para pengendara agar tertib berlalu lintas.

“Gelaran razia ini sudah menjadi program rutin kami, dikandung maksud guna menekan angka fatalitas kecelakaan lalu lintas. Selain itu, untuk meningkatkan kesadaran hukum bagi masyarakat agar tertib dalam berlalu lintas. Sebab, kecelakaan bermula dari tidak tertibnya dalam berkendara,” katanya.

Dijelaskan, sebanyak  92  pelanggar yang terjaring dalam razia itu dengan berbagai kesalahan. Seperti, tidak bisa menunjukkan Surat Ijin Mengemudi (SIM) 5 orang, dan pengendara yang tidak bisa meunjukkan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) sebanyak 72  orang.
“Selain itu, ada sejumlah jenis kendaraan yang juga berhasil diamankan petugas. Diantaranya SPM 10 unit. Semua pengendara yang dinyatakan melanggar tetap dikenakan E-tilang sesuai undang-undang lalu lintas. Hal tersebut, untuk menghindari praktek pungli,” jelas Windarto.

Ia mengimbau kepada masyarakat, agar selalu tertib dalam berkendara, yaitu menyiapkan kelengkapan berkendara seperti surat surat kendaraan, maupun helm bagi keselamatan pengendara itu sendiri.

Senada  Kapolsek Limpung AKP Raharja,SH.MH   menambahkan,”guna mewujudkan  Kamseltibcar dan menertibkan pelanggaran yang di lakukan oleh pengguna jalan maka kami laksanakan razia,seperti yang kita ketahui bersama bahwa kecelakaan lalu lintas pasti di awali dengan pelanggaran,” tambahnya. Dalam kesempatan tersebut  Kapolsek Limpung AKP Raharja, S.H., M.H.,  yang turun  langsung sebagai pengendali di lapangan menyampaikan.

“Disamping untuk menjaga kondusifitas kamtibmas dan kamseltibcar lantas di Wilayah  kegiatan ini adalah sebagai sarana melaksanakan pembelajaran masyarakat, saya mengajak kepada masyarakat untuk patuh dan taat terhadap peraturan dan santun beretika di jalan,”pungkasnya.

Berita Terkait