Binkam

Safari Dzuhur, Kapolres Purbalingga Silaturahmi dengan Ulama dan Masyarakat 

Polres Purbalingga – Polda Jateng | Kapolres Purbalingga AKBP Rosyid Hartanto, S.H., S.I.K., M.H. melaksanakan kegiatan Safari Dzuhur di Masjid Baitul Mukmin, Desa Bobotsari, Kecamatan Bobotsari, Kabupaten Purbalingga, Rabu (4/9/2024) siang.
Dalam kegiatan, Kapolres Purbalingga mengikuti salat Dzuhur berjamaah di masjid tersebut. Selain itu, melaksanakan silaturahmi dengan Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) PurbaIingga H. Sukarman, S.Ag. dan jemaah masjid.
Kapolres Purbalingga dalam sambutannya mengatakan kegiatan Safari Dzuhur di Bobotsari ini merupakan sarana untuk bertatap muka dan bersilaturahmi secara langsung dengan masyarakat. Selain itu juga bersilaturahmi dengan para ulama yang ada di wilayah Kecamatan Bobotsari dalam hal ini Pimpinan Daerah Muhammadiyah.
“Kegiatan ini sebagai langkah kami pihak kepolisian mendekatkan diri dengan masyarakat, ulama, Forkopincam dan seluruh jemaah masjid yang hadir mengikuti salat Dzuhur pada siang hari ini,” ucapnya.
Kapolres menyampaikan bahwa sejumlah permasalahan keamanan yang muncul di Kabupaten Purbalingga beberapa saat yang lalu yaitu tawuran bersenjata tajam. Pelakunya sebagian besar masih anak-anak di bawah umur. Hal itu menjadi keprihatinan bagi semua pihak.
“Melalui kegiatan ini saya mengimbau kepada jemaah untuk lebih mengawasi aktivitas anak-anaknya, berikan pondasi ilmu keagamaan sehingga bisa mencegah perilaku kenakalan remaja,” pesan Kapolres.
Kapolres menambahkan sebentar lagi akan ada gelaran Pilkada termasuk di Kabupaten PurbaIingga. Terkait hal itu, masyarakat diminta waspada terhadap peredaran berita, narasi atau video hoaks. Masyarakat harus waspada sehingga tidak terpengaruh narasi yang mengadu-domba.
“Mendekati Pilkada, saya titip kepada masyarakat tidak usah berantem akibat berbeda pilihan. Jangan sampai percaya berita hoaks yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan,” pesannya.
Ketua PDM PurbaIingga, H. Sukarman mengatakan ragam cara para pejabat bersilaturahmi dengan ulama dan warga Muhammadiyah. Tetapi hari ini kita mendapatkan hikmah dimana Kapolres Purbalingga hadir memperkenalkan diri di Masjid Baitul Mukmin melalui kegiatan Safari Dzuhur.
“Hari ini kita diberikan pembelajaran bahwa niatan yang baik, dilakukan dengan ikhtiar yang baik mudah-mudahan bisa berakhir baik. Berkumpulnya kita di masjid ini semoga menjadi wasilah berkumpulnya kita di surga Allah SWT nanti,” ucapnya.
Disampaikan bahwa hari ini kita telah mendapatkan sebuah pembelajaran dari bapak Kapolres. Kalau ustad bicara tentang ayat-ayat suatu yang wajar, kalau guru menyampaikan ilmu dengan ayat suatu yang wajar.
“Tetapi kalau Kapolres bisa mengutip ayat-ayat Al-Qur’an dalam penyampaian pesan keamanan seperti hari ini, sangatlah luar biasa,” ucapnya.
H. Sukarman menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran kepolisian Polres Purbalingga. Menurutnya dengan sinergitas antara kepolisian dan seluruh pihak bisa mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah Kabupaten Purbalingga.

Berita Terkait