Yanmas

Kapolres Purbalingga Serap Informasi  Masyarakat Melalui Safari Jumat

Polres Purbalingga – Polda Jateng | Kapolres Purbalingga AKBP Rosyid Hartanto, S.H., S.I.K., M.H. melaksanakan kegiatan Safari Jumat di Masjid Al Istiqomah, Kelurahan Wirasana, Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga, Jumat (30/8/2024).
Kegiatan yang dilaksanakan dalam Safari Jumat yaitu Kapolres Purbalingga mengikuti salat Jumat berjamaah di masjid. Usai kegiatan dilanjutkan dengan silaturahmi dan komunikasi serta penyampaian pesan kamtibmas.
“Melalui kegiatan ini silakan bagi masyarakat bisa secara langsung  menyampaikan permasalahan terkait kamtibmas kepada pihak kepolisian atau menyampaikan saran dan masukan untuk Polres Purbalingga,” ucap Kapolres dalam sambutannya.
Kapolres menyampaikan sebentar lagi akan dilaksanakan Pilkada 2024. Biasanya menjelang pemilihan banyak muncul berita yang tidak semuanya adalah benar. Jadi masyarakat harus bisa memilih informasi, jangan sampai termakan berita hoaks, provokasi ataupun adu domba.
“Jangan mudah terprovokasi, jaga kedamaian di lingkungan, jaga kondusifitas wilayah secara bersama-sama. Menjaga lingkungan tidak hanya menjadi tugas kepolisian saja namun masyarakat juga harus berperan,” pesan Kapolres.
Lebih lanjut disampaikan tentang sejumlah permasalahan kenakalan anak yang  akhir-akhir ini muncul seperti tawuran antar kelompok bahkan menggunakan senjata tajam. Untuk mencegah hal tersebut diperlukan peran serta orang tua untuk mengawasi perilaku anak-anak.
“Berikan anak pendidikan agama yang kuat sehingga bisa menghindari perilaku negatif anak seperti kenakalan remaja, tawuran, perkelahian, narkoba dan perilaku negatif lainnya,” pesan Kapolres.
Dalam sesi tanya jawab sejumlah jemaah menyampaikan saran dan masukan kepada Kapolres Purbalingga. Salah satu warga bernama
Dwi menyampaikan saran terkait penindakan terhadap pengendara sepeda motor dengan knalpot brong.
Saran tersebut langsung direspon oleh Kapolres Purbalingga bahwa penindakan terhadap penggunaan knalpot brong sudah dilakukan. Penertiban juga akan terus dilaksanakan, termasuk saat kegiatan patroli baik siang atau malam dengan sasaran pengguna knalpot brong.
Warga lain menyampaikan saran agar Polres Purbalingga meningkatkan kegiatan patroli. Patroli yang dilaksanakan tidak hanya di jalan-jalan utama namun juga di tempat-tempat sepi yang rawan gangguan keamanan.
Kapolres Purbalingga menjawab saran tersebut bahwa patroli akan terus dilakukan jajaran kepolisian di wilayah Kabupaten Purbalingga. Patroli dilaksanakan tidak hanya di tempat ramai namun juga di tempat-tempat sepi yang rawan gangguan kamtibmas.
“Pada malam Minggu kami juga melaksanakan patroli skala besar hingga ke wilayah perbatasan untuk mencegah gangguan kamtibmas di Kabupaten Purbalingga,” ucapnya.
Takmir Masjid Al Istiqomah, Mashuri Akhmad menyampaikan apresiasinya atas kegiatan Safari Jumat Kapolres Purbalingga. Ucapan terima kasih juga disampaikan atas bantuan yang diberikan oleh Kapolres Purbalingga untuk Masjid Al Istiqomah.
“Saya ucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan Kapolres Purbalingga. Mudah-mudahan bermanfaat bagi jemaah Masjid Al Istiqomah,” ucapnya.
Dalam Safari Jumat, khutbah Jumat diisi oleh khotib Aipda Agus Miswanto dari Polres Purbalingga. Usai acara, Kapolres Purba memberikan bantuan Mushaf Al-Qur’an, peralatan ibadah dan mengisi infak untuk Masjid Al Istiqomah Kelurahan Wirasana.

Berita Terkait