Bersama Petugas Gabungan, Polisi Berusaha Padamkan Kobaran Api di Hutan Pinus Kalijoyo Pekalongan

Polres Pekalongan – Polda Jateng –  Tribratanews.jateng.polri.go.id I  Personil gabungan berusaha memadamkan kebakaran hutan yang terjadi di hutan pinus LMDH Wonojoyo Petak 14B1RPH Tambaksari BKPH Kesesi, Pangkuan wilayah Dukuh Empon-Empon Desa Kalijoyo Kec. Kajen Kab. Pekalongan, Jumat (22/09) sore.

Sebelumnya, kebakaran terjadi di lokasi yang sama pada Rabu (20/09), namun kebakaran kali ini sudah merembet mendekati perbatasan dengan Desa Kutorojo. Hal tersebut diungkapkan oleh Kapolsek Kajen Iptu Turkhan, S.H saat dikonfirmasi.

“Karena medan yang cukup sulit, pemadaman api belum maksimal dan sampai sekarang masih terdapat beberapa titik api yang belum padam, sedangkan api sudah merembet mendekati perbatasan dengan Desa Kutorojo” ujarnya.

Dijelaskannya, kebakaran ini sudah melahap sekitar 3 hektar lahan hutan pinus.

Sementara itu, petugas gabungan dari TNI-Polri bersama BPBD, SAR, PMI, Perhutani dan warga setempat berusaha memadamkan sejak Jumat sore. “Beberapa titik api sudah bisa dipadamkan dengan alat seadanya, namun masih ada lagi yang belum dikarenakan lokasi yang cukup susah dilalui dan jauh dari sumber mata air,” kata KBO Sat Samapta Ipda Hartanto, S.H yang memimpin pemadaman.

Cuaca panas serta angin yang cukup kencang menyebabkan api berkobar cukup besar dan dengan mudah merembet ke pohon pinus yang lain. “Untuk pemadaman sementara kita hentikan karena demi keselamatan anggota,” imbuh Ipda Hartanto. (afk)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Exit mobile version