Polres Pekalongan Kota Gelar Apel Kesiapan Sarana dan Prasarana, Langkah Awal Kesiapan Operasi Ketupat Candi 2023

Polres Pekalongan Kota – Tribratanews.jateng.polri.go.id | Kapolres Pekalongan Kota, Polda Jateng AKBP Wahyu Rohadi, S.I.K.,M.H., melakukan pengecekan kendaraan bermotor (Ranmor) dinas baik Satuan Fungsi, maupun Polsek jajaran, kegiatan dilaksanakan di halaman apel Mapolres Pekalongan Kota, Polda Jateng, pada Rabu (29/03/2023) pagi.
Kegiatan hari ini merupakan kegiatan pengecekan kendaraan bermotor, baik dari satuan Fungsi maupun dari Polsek jajaran, hal ini untuk melihat kondisi dan kesiapan kendaraan bermotor anggota, sehingga nantinya siap untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat terutama saat Pelaksanaan pengamanan Idul Fitri tahun 2023.
Kapolres mengatakan, “Apel gelar ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan awal kesiapan pelaksanaan operasi Ketupat 2023 dalam rangka pengamanan hari Raya Idul Fitri 1444 H, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana (Sarpras) yang akan digunakan sebagai pendukung dalam pelaksanaan operasi.”
” Pengecekan ini dikandung maksud untuk Mendatakan dan mengetahui kelayakan sarpras yang akan digunakan dalam pelaksanaan operasi, pada saat dilakukan pengecekan nanti akan diketahui apakah sarpras tersebut berfungsi dengan baik atau tidak.” tambah Kapolres.
Sarpras tergelar ini diharapkan dapat digunakan dengan baik dan benar sesuai SOP yang ada, karena sarpras tersebut merupakan titipan negara agar digunakan dengan sebaik-baiknya, dijaga dan dirawat apabila terjadi kerusakan segera lakukan perawatan karena alat tersebut didukung anggaran untuk Pemeliharaan dan perawataanya (harwatnya).
Polres pekalongan kota memiliki sarpras berupa kendaraan dan beberapa alsus yaitu:
1. Kendaraan khusus / rantis 1 unit
2. Kendaraan roda dua 136 unit
3. Kendaraan roda empat 42 unit
4. Kendaraan roda enam 3 unit
5. Alsus humas berupa alat peliputan dan dokumenasi berupa camera dan perangkat lainnya
6. Alsus Dalmas berupa rompi anti peluru, Flasball, rotbloker set, apar, amunisi flash ball, baju dalmas, tameng, helm dalmas dan tali dalmas
7. Dan Perangkat inafis
Pada bulan Ramadan ini, tentunya aktivitas masyarakat meningkat sehingga kegiatan patroli lebih sering dilaksanakan pada pada pusat – pusat keramaian, peningkatan aktifitas masyarakat ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas dan gangguan Kamseltibcarlantas. Tambah Kapolres.
Sebagai Informasi, Sebelum dilaksanakan Operasi Ketupat Candi 2023, Polres Pekalongan Kota melaksanakan Operasi Bina Kusuma Candi 2023 terhitung mulai tanggal 29 maret 2023 sampai 12 april 2023 Dengan sasaran kenakalan remaja dan premanisme, kekerasan dan pelecehan seks perempuan dan anak serta kejahatan lainnya dengan menitik beratkan kepada kegiatan pembinaan dan pencegahan serta himbauan kepada masyarakat yang disertai dengan penindakan.
Operasi Ketupat tahun ini Polres Pekalongan Kota dibantu TNI, Instansi Terkait dan mitra kamtibmas lainnya sudah melaksanakan kegiatan yang ditingkatan dengan sasaran peredaran miras, petasan, balon udara , aksi balap liar dan kejahatan lain yang Meresahkan.
Kegiatan antsipasi balap liar kita Fokus pada jalur exit tol setono sampai duwet wilayah batang, masyarakat dan pengguna jalan sudah merasa resah dengan adanya aksi balap liar, walaupun di lokasi tersebut sudah banyak korban akibat aksi balap liar.
Kapolres dalam amanatnya menekankan beberapa hal, yaitu :
1. Kepada bagian Sarana Dan Prasarana (Sarpras) segera lakukan Pengecekan dan pendataan sarpras yang akan digunakan untuk mendukung pelaksanaan operasi, cek kembali apakah sarpras tersebut berfungsi dengan baik apa tidak;
2. Cek kembali apakah ranmor dinas , baik roda dua maupun roda empat yang sudah didistribusikan apakah sudah tepat sasaran peruntukannya, tolong dijaga dan dirawat dengan sebaik-baiknya;
3. Utamakan faktor keamanan dengan mempedomani standar operasional prosedur (SOP) yang ada saat pelaksanaan tugas.
4. Lakukan tugas dengan baik tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat;
5. Tanamkanlah dalam diri, bahwa apa yang kita lakukan merupakan wujud pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara merupakan bagian dari ibadah itu sendiri.
(Rid – Humas Polres Pekalongan Kota)
Exit mobile version