Giat OpsLantas

Kapolres Salatiga Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi Tahun 2023

Polres Salatiga – jateng.tribratanews.com | Selasa, (07/02/2023) bertempat di Lapangan Bhayangkara Polres Salatiga, Kapolres Salatiga Polda Jateng AKBP Feria Kurniawan, S.I.K, memimpin pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2023 Polres Salatiga dengan tema “Keselamatan Berlalu Lintas Yang Utama dan Pertama”.

Hadir dalam kegiatan tersebut Jajaran Forkopimda Kota Salatiga, PJ. Walikota diwakili Sekda, Dandim Letkol Inf Ade Pribadi Siregar, S.E. M.Si, Kepala Pengadilan, Kepala Kejaksaan, Dandenpom, dan Kepala atau Ketua Kantor Dinas terkait, Pejabat Utama Polres Salatiga dan pasukan dari Perwira Polres Salatiga, Denpom, TNI, Polri, Satpol PP dan Dishub Kota Salatiga.

Selaku Inspektur Upacara Kapolres Salatiga membacakan amanat dari Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah yang intinya adalah Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2023 dilaksanakan secara serentak di seluruh Jajaran Polda Jateng dengan tema “Keselamatan Berlalu Lintas Yang Pertama Dan Utama”.

Permasalahan dibidang lalu lintas berkembang sangat cepat dan dinamis,sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk yang memerlukan sarana transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, diera digital operasional angkutan publik sudah berada digenggaman tangan kita.

Modernisasi tersebut perlu diikuti dengan inovasi dan kinerja Polri khususnya Polantas untuk mengantisipasi segala dampak yang akan timbul dari modernisasi transportasi tersebut.

Sebagai informasi data jumlah pelanggaran Lalu Lintas tahun 2022 sebanyak 1.068.344 naik 71 % dari tahun 2021 sebanyak 76.600, untuk tilang juga mengalami kenaikan 709.670 dari 226.670.

Polri telah menetapkan kalender operasi keselamatan lalu lintas rutin yang dilaksanakan setiap tahun, Operasi keselamatan lalu lintas candi 2023 ini merupakan operasi cipta kondisi Kamseltibcarlantas yang kondusif menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H Tahun 2023, dengan mengedepankan kegiatan Preemtif 40 % dan Preventif 40 % didukung kegiatan Gakkum 20% (Etle Statis dan mobile serta teguran) guna mewujudkan Kamseltibcarlantas yang aman, nyaman dan selamat.

Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi Tahun 2023 ini dilaksanakan selama 14 hari dari tanggal 07 sampai dengan 20 Februari 2023. Dengan melibatkan sejumlah 3.331
Personil dari seluruh Jajaran Polda Jateng dengan dukungan dari perkuatan personil TNI, Dishub, serta instansi terkait lainnya.

“Diharapkan dengan dilaksanakan Operasi Keselamatan Lalu Lintas ini dapat meningkatkan disiplin dalam berlalu lintas, menurunkan angka kecelakaan lalu lintas dan pelanggaran serta fatalitas laka lantas,” ucap AKBP Feria Kurniawan, S.I.K.

Beberapa hal penekanan pada saat pelaksanaan Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2023.

Senantiasa memanjatkan Do’a kepada Tuhan YME sebelum melaksanakan tugas, Deteksi dini dinamika dan fenomena yang berkembang sehingga dapat melakukan langkah pencegahan secara prediktif, hindari pungli dan perilaku menyimpang yang bisa menjadi triger ketidakpercayaan masyarakat terhadap polri, hindari tindakan yang kontra produktif dan sikap arogan dan yang terakhir adalah laksanakan tugas operasi keselamatan lalu lintas candi 2023 dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab, tutup AKBP Feria Kurniawan, S.I.K.

Seusai Apel Gelar Pasukan Kapolres Salatiga bersama Jajaran Forkopimda Kota Salatiga melaksanakan pengecekan sarana prasarana yang akan digunakan selama pelaksanaan Operasi Keselamatan Candi tahun 2023, serta dilanjutkan wawancara dengan awak media Kota Salatiga terkait situasi harkamtibmas Kota Salatiga.

Berita Terkait