Tingkatkan Quick Respon SAR, Tim dan Relawan SAR ARNAVAT Satpolairud Polres Pekalongan Kota Dikukuhkan

Polres Pekalongan Kota – Tribratanews.jateng.polri.go.id | guna memberikan respon cepat (Quick Respon) dalam penanganan kecelakaan maupun bencana dilaut dan perairan, Polres Pekalongan Kota, Polda Jateng Kukuhkan Tim dan Relawan SAR Arnavat Sat Pol Airud Polres Pekalongan Kota.
Tim ini dibentuk untuk bisa menjadi tim respon cepat (Quick Respon) dalam penanganan segala kejadian di laut maupun perairan diwilayah pesisir pantai utara Kota Pekalongan, Pengukuhan tim dan relawan SAR Arnavat itu dilakukan di kawasan Taman wisata laut Pasir Kencana Kota Pekalongan. Rabu (2/11).
Simbolis pengukuhan itu dilakukan dengan penyerahan bendera SAR Arnavat, piagam Penghargaan, serta tanda anggota SAR Arnavat dilanjutkan penyiraman air bunga oleh Kapolres Pekalongan Kota, Polda Jateng AKBP Wahyu Rohadi, S.I.K. bersama Setda Kota Pekalongan Hj Sri Ruminingsih, SE, MSi Kepada perwakilan Tim dan Relawan SAR Arnavat Satpolairud Polres Pekalongan Kota.
Selain pengukuhan Tim dan relawan SAR Arnavat Satpolairud Polres Pekalongan Kota, dalam momen itu juga dilakukan simulasi peragaan penyelamatan korban tenggelam dilaut maupun kecelakaan laut yang dilakukan oleh Tim dan Relawan SAR Arnavat Sat Pol Airud Polres Pekalongan Kota bersinergi dengan Instansi terkait.
Kapolres Pekalongan Kota, Polda Jateng AKBP Wahyu Rohadi, S.I.K., yang didampingi Setda Kota Pekalongan saat memimpin apel mengatakan, dibentuknya tim SAR Arnavat itu sebagai upaya kepolisian dalam peningkatan respon cepat penanganan musibah yang terjadi seperti kecelakaan laut dan perairan di Kota Pekalongan.
Dalam Kegiatan Search and Rescue (SAR),  Sat Polairud Polres Pekalongan Kota telah didukung dengan Peralatan SAR yang memadai diantaranya 2 (Dua) Unit Kapal Patroli Polisi, 1 (satu) Unit Perahu Karet, 2 (dua) Unit U-Safe, dan Peralatan SAR llengkap lainnya, Alat Alat Pendukung SAR Ini diawaki dan dioperasikan Oleh Tim SAR yang Handal, dan berkompeten.
Dengan dibentuk dan dikukuhkannya tim dan relawan SAR Arnavat itu sendiri diharapkannya dapat membantu pelaksanaan tugas Polri dalam kegiatan Search and Rescue (SAR).
Selanjutnya Dalam Pembinaan Personel SAR dan kegiatan Operasi SAR Sat Polairud Polres Pekalongan Kota, Khususnya di Wilayah Hukum Polres Pekalongan Kota selalu Menjalin Sinergitas dan Kerjasama dengan Basarnas Provinsi,  BPBD Kota Pekalongan serta Instansi terkait lainnya,  yaitu apabila dalam situasi normal yang dilaksanakan adalah mengedukasi masyarakat, melakukan Sosialisasi, meningkatkan Kompetensi melalui bimbingan teknis, Pelatihan maupun Simulasi, sementara dalam Situasi darurat, masing-masing Kita Bersinergi Untuk Pemanfaatan Sumber daya yang dimiliki dalam upaya Pelayanan Operasi SAR kepada Masyarakat.
Saya selaku Kapolres Pekalongan Kota mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim yang tergabung, Semoga niat tulus ikhlas rekan rekan mendapat keberkahan dari Allah SWT, dan saya mengharapkan untuk selalu siap siaga dalam merespon segala bentuk gangguan Kamtibmas serta Quick Respon terhadap segala kejadian yang terjadi di wilayah hukum Polres Pekalongan Kota untuk memberikan Pelayanan Prima Kepada Masyarakat Sehingga akan Senantiasa terpeliharanya Situasi Yang aman dan Kondusif.
“Selamat Bekerja dan Berkarya, berikan yang terbaik Kepada Nusa dan Bangsa Sebagai Mana Motto Kita “ Sepenuh Hati, Sepenuh Jiwa Demi Kemanusiaan” Selalu jaga Sinergitas dan kekompakan dengan Instansi lain, dalam proses SAR, siap siaga dan quick respon terhadap segala kejadian sehingga tercipta situasi yang kondusif”. Pungkas Kapolres.
Setda Kota Pekalongan Hj. Sri Ruminingsih, SE, MSi menambahkan kami dari kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  Kota Pekalongan berkomitmen untuk mendukung sepenuhnya SAR Arnavat yang di bentuk dan di kukuhkan oleh Kapolres Pekalongan Kota, Semoga SAR Arnavat dapat berkolaborasi dan bersinergi dalam setiap pelaksanaan operasi SAR khususnya di Perairan maupun juga kebencanaan.
(Rid – Humas Polres Pekalongan Kota)
Exit mobile version