Polisi Di Kedungtuban Blora Intensif Blusukan Kandang Ingatkan Warga Waspada PMK

Polres Blora – Tribratanews.jateng.polri.go.id | Dalam rangka pencegahan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak khususnya sapi dan kambing. Bhabinkamtibmas Desa Gondel Polsek Kedungtuban Polres Blora Bripka Koko melaksanakan patroli dialogis dengan sasaran warga peternak sapi dan kambing di wilayah setempat. Minggu, (04/09/2022).

Patroli dialogis merupakan kegiatan rutin, terkait dengan maraknya penyakit mulut yang terjadi dibeberapa wilayah lain.

“Kita laksanakan pengecekan terhadap peternak di wilayah binaan sekaligus mengingatkan agar mewaspadai penularan PMK, apabila ditemukan ciri-ciri klinis adanya hewan ternak yang terkena PMK segera melapor untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut,” pesan Bhabinkamtibmas kepada peternak.

“Salah satu cara untuk mencegah PMK adalah selalu rutin menjaga kebersihan kandang ternak serta penyemprotan disinfektan secara berkala,” lanjut Bhabinkamtibmas.

Muhadi, salah seorang peternak sapi warga setempat menyambut baik sambang dialogis yang dilaksanakan Bhabinkamtibmas.

“Terima kasih atas informasi dan saran masukannya, selama ini kami telah rutin membersihkan kandang dan saat ini juga kita mulai menyemprot disinfektan di kandang,” kata Muhadi.

Sementara itu Kapolsek Kedungtuban AKP Sujiharno menyampaikan terima kasih kepada seluruh bhabinkamtibmas yang telah aktif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, patroli dialogis dengan warga binaan guna menjalin kemitraan, terkait dengan adanya wabah PMK.

“Sampaikan kepada peternak di wilayah untuk melakukan langkah antisipasi serta edukasi peternak terkait ciri-ciri klinis hewan ternak yang terserang PMK, segera koordinasi dengan instansi terkait apabila ada hewan ternak yang terjangkit PMK sehingga dapat segera diambil langkah pencegahan penyebarannya,” ucap Kapolsek.

 
Aipda Arip Nirwanto, S.H. (Humas Polres Blora)
Exit mobile version