Pembinaan Personel

180 Calon Anggota Bawaslu Jateng Jalani Tes Psikologi

Polda Jateng – jateng.tribratanews.com | 180 peseta calon anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Tengah mengikuti seleksi tes psikologi yang difasilitasi Bagian Psikologi Biro SDM Polda Jateng, Rabu (20/7/2022) di Hotel Grasia Semarang.

Seleksi tersebut dipimpin Dr. Lita Tyesta ALW, S.H., M.Hum. Ketua tim seleksi calon anggota Bawaslu Provinsi Jawa Tengah didampingi AKBP Novian Susilo, S.Psi. M.M. Kabag Psikologi Ro SDM Polda Jateng serta diikuti peserta seleksi sebanyak 143 laki-laki dań 37 perempuan.

Peserta mengikuti 9 item seleksi yakni pengisian riwayat hidup, inventori, IST (inteligen Strucktur Tes), TIU (tes intelijen umum), DAM (Draw A Man), BAUM, HTP (house tree person), warteg dan tes 15.
Pelaksanaan tes psikologi ini masih menggunakan sistem manual sesuai arahan dari pusat.

Dr. Lita Tyesta Ketua tim seleksi calon anggota Bawaslu Provinsi Jawa Tengah mengatakan bahwa dalam proses seleksi ini salah satunya adalah soal kedisiplinan yang sesuai dan taat aturan.

“Jadi apabila ada hal yang memang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan pedoman yang dibuat oleh Bawaslu Pusat kami hanya pelaksana saja,” imbuh Dr. Lita Tyesta.

Ketua tim seleksi calon anggota Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Dr. Lita Tyesta berharap kepada peserta untuk tetap menjaga semangat dan stamina dalam mengikuti Tes Psikologi selama 4 jam agar dapat terlampaui dengan baik.

Secara teknis pelaksanaannya, Kabag Psikologi AKBP Novian Susilo menyebutkan bahwa panitia membentuk 5 petugas sektor yang akan melayani peserta di masing-masing sektor apabila terdapat kekurangan dan pertanyaan yang perlu ditanyakan.

“Semua kami fasilitasi agar seleksi berjalan dengan baik,” tuturnya.

Tes dimulai dengan pembukaan segel amplop yang berisikan berkas soal tes Psikologi oleh Ketua Tim seleksi Bawaslu Provinsi Jateng.

Berita Terkait