Pembinaan Personel

Siap Hadapi Pilkada, Ratusan Polisi Purworejo di Tes Swab

Polres Purworejo -jateng.tribratanews.com | Ratusan anggota Polres Purworejo, Jawa Tengah, kembali menjalani tes Swab secara bersama-sama di Mapolres Purworejo, pada Rabu (25/11/2020). Tes Swab yang dilakukan atas kerjasama Polres Purworejo bersama Dinas Kesehatan itu dilakukan dalam rangka mengantisipasi dan memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19, juga kesiapan Polri dalam menghadapi Pilkada 2020 sebagai petugas keamanan di TPS.

“Ini sebagai bentuk untuk memastikan kesehatan para personil polisi Polres Purworejo untuk kesiapan dalam menghadapi pilkada Purworejo 2020. Dimana para petugas harus dianggap sehat secara jasmani dan bebas dari virus covid-19, sebelum menjalankan tugas dilapangan sebagai petugas keamanan dalam pilkada Purworejo,” ungkap Ketua gugus tugas Covid-19, dr. Tolkha Amarudin, saat ditemui disela tes Swab, pada Rabu (25/11/2020).

Dikatakan, bila terdapat hasil positif bagi anggota polisi, maka petugas akan melakukan isolasi mandiri selama dua minggu dan setelah dinyatakan sembuh dan siap menjalankan tugas di lapangan.

“Jadi semua petugas yang terlibat dalam penyelenggaraan pilkada kami lakukan tes, hanya saja bagi petugas KPPS hanya dilakukan rapid tes,” katanya.

Disebutkan tes Swab itu dilakukan selama dua hari, yaitu pada Selasa (24/11/2020) dan Rabu (25/11/2020) dengan menyasar seluruh anggota polisi Polres Purworejo.

“Kemarin ada sekitar 258 personil, dan sisany dilakukan hari Rabu ini, dari jumlah sekitar 500an anggota yang ada,” katanya.

Disampaikan, tes swab terus dilakukan oleh Dinas Kesehatan secara rutin ditiap puskesmas yang ada guna memutus mata rantai penyebaran virus covid -19, dengan menyasar keluarga atau warga terdekat bagi puskesmas yang memiliki warga terkonfirmasi positif covid-19.

“Kami hanya mendapat jatah sehari sejumlah 103 orang yang dilakukan tes swab. Dan tingkat kesembuhan laporan terakhir ada 94,1 % kesembuhan, ini tertinggi se Jawa Tengah dan tingkat kematiannya adalah no 9 dari 35 kota dan kabupaten se Jawa Tengah,” katanya.

Kondisi saat ini, tambahnya, kondisi rumah sakit Tjitrowardojo sudah penuh dan mulai dilimpahkan ke rumah sakit Palang Biru Kutoarjo dan rumah sakit Amanah Umat Pangen Purworejo.

“Untuk vaksinasi sudah mulai dilakukan pelatihan-pelatihan hingga ditingkat Puskesmas yang dilakukan langsung oleh pusat. Dan mulai identifikasi siapa siapa yang akan dilakukan vaksinasi, namun kami belum mengetahui kapan itu direalisasikan kami menunggu informasi lebih lanjut dari pusat,” jelasnya.

Sementara itu, Kasubag Humas Polres Purworejo Iptu Siti Komariyah, menambahkan, semua petugas yang terlibat dalam operasi mantab praja wajib mengikuti tes swab ini. Tes dilakukan sebagai bentuk kesiapan personil selama menjalankan tugas keamanan hingga masa operasi mantab praja selesai.

“Ada sekitar 530an anggota yang dites swab. Harapan dari pak Kapolda kita petugas bisa sehat semua dalam menjalankan tugas selama operasi mantab praja,” katanya.

Berita Terkait