Binmas

Bhabinkamtibmas Polsek Purwodadi Hadiri Pelatihan Alat Tanam Padi Mesin Transplanter

Polres Purworejo – jateng.tribratanews.com | Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Purwodadi Polres Purworejo Aipda A. Iwan. M, SH, MH menghadiri pelatihan pembenihan padi dan tanam padi dengan M sin Transplanter, bertempat di aula Kelompok Tani Maju Desa Bongkot Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo, Kamis (12/11/2020).

Pelatihan tersebut di hadiri oleh Camat Purwodadi Bapak Drs. Hartono, MM, Perwakilan Dinas Pertanian Kabupaten Purworejo Bapak Hartoyo, Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Purwodadi Aipda A. Iwan. M, SH, MH, Kepala Desa Bongkot Bapak Soleh beserta perangkat Desanya dan Perwakilan kelompok tani se camatan Purwodadi sebanyak 60 orang.

Tujuan diadakannya kegiatan Pelatihan ini adalah untuk memberikan keterampilan pengoperasian mesin Transplanter untuk Petani dan Penyuluh Pertanian Lapangan, selain itu juga merupakan solusi mengatasi kelangkaan tenaga kerja dan dalam rangka modernisasi, mekanisasi serta efisiensi produksi tanaman padi.

Mesin transplanter adalah jenis mesin penanam padi untuk menanam bibit padi yang telah disemaikan pada areal khusus (dapok / seeding tray) dengan umur tertentu, pada areal tanah sawah kondisi siap tanam, mesin dirancang untuk bekerja pada lahan berlumpur (puddle). Oleh karena itu mesin dirancang ringan dan dilengkapi dengan alat pengapung, dengan adanya alat mesin transplanter atau alat tanam padi ini sangat membantu para petani terlebih saat ini tenaga manusia untuk tanam padi sangat sulit untuk di cari, selain lebih murah biaya produksi, alat ini juga sangat efektif membantu percepatan tanam para petani.

Sementara Kapolres Purworejo Polda Jateng AKBP Rizal Marito, S.H., S.I.K., M.Si. melalui Kapolsek Purwodadi Iptu Ujianto, S.E. menyampaikan bahwa pelatihan ini sebenarnya untuk memberikan solusi bagi para petani yang mana saat ini sudah semakin jarang ada tenaga manusia untuk melakukan tanam padi.

“Pelatihan ini juga untuk mensosialiasikan alat tanam padi yang lebih efektif bagi para petani untuk melakukan percepatan tanam padi, selain efesien dan efektif, alat ini juga mampu menekan biaya produksi petani dalam melakukan tanam padi, sehingga tentu saja alat mesin transplanter atau alat tanam padi ini bisa menjadi pilihan para petani, ” Kapolsek Purwodadi Iptu Ujianto, S.E.

(hmsrespwr)

Berita Terkait