Strategi dan Solusi Tantangan Demokrasi Pada Pilkada 2020 di Tengah Pandemi Covid-19

Polres Magelang Kota – jateng.tribratanews.com | Dalam menghadapi Pilkada Serentak tahun 2020 ditengah pandemi covid-19 diperlukan strategi dan solusi guna memutus rantai penyebaran agar tidak menimbulkan klaster baru pada pelaksanaan setiap tahapan Pilkada 2020.

Sat Binmas mengadakan kegiatan Focum Group Discussion (FGD) membahas strategi dan solusi pada Pilkada 2020 di tengah pandemi covid-19, Selasa (29/9). Tetap dengan menerapkan protokol kesehatan FGD dilaksanakan di RM Kebon Semilir.

Pada kegiatan FGD yang dilaksanakan pagi hari tadi menghadirkan pemateri dari KPU Kota Magelang Ibu Sukorini Sadewi Tyastuti dan Gugus Tugas penangan covid-19 Kota Magelang Bapak Yanuar Sosiawan.

Sebelum dimulainya materi, Wakapolres Magelang Kota Kompol Umi Mardiyah membacakan sambutan dari Kapolres Magelang Kota menyampaikan surat dari Gugus Tugas percepatan penanganan covid-19 mengenai pelaksanaan Pilkada 2020 kaitannya dengan situasi pandemi covid-19 terdapat tiga poin utama.

Pertama, Gugus Tugas mengapresiasi keputusan KPU, Pemerintah dan DPR menunda Pilkada dari bulan September menjadi Desember 2020 untuk mencegah penyebaran covid-19. Kedua, Gugus Tugas menghormati terbitnya peraturan Pemerintah pengganti UU (PERPPU) No. 2 tahun 2020 ttg Penundaan Pilkada.

Ketiga, Gugus Tugas memberikan saran pada KPU untuk melanjutkan Pilkada dengan syarat pelaksanaan protokol kesehatan pencegahan penularan covid-19.

Untuk mengantisipasi penyebaran covid-19, maka Pemerintah mengusulkan pelaksanaan tahapan kampanye pada Pilkada serentak 2020 dilakukan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dengan Live Streaming. Dengan demikian, pelaksanaan kampanye akbar dapat dihindari pasangan calon.

“Kampanye mungkin bisa dilakukan dengan memperbanyak kampanye live streaming, menghindari kampanye akbar, kampanye terbatas dalam ruangan dan menggunakan media, termasuk Live Streaming,’’ ujar Kompol Umi membacakan sambutan.

Melalui kegiatan Focus Group Discussion (FGD) ini kita bersama-sama untuk mendiskusikan bagaimana agar pelaksanaan Pilkada 2020 di Kota Magelang dapat berjalan dengan damai, aman dan lancar ditengah pandemi covid-19.

Ibu Sukorini Sadewi Tyastuti dalam materinya dengan tema ‘’Strategi Pilkada di tengah Pandemi Covid 19” menyampaikan pelaksanaan Pilkada di masa Pandemi ini berbeda dengan pelaksanaan Pilkada pada kondisi normal, misalnya yaitu kampanye dilakukan dalam ruangan atau gedung.

Pada saat ini diutamakan dilakukan melalui media sosial dan media daring. Dengan membatasi peserta yang hadir dan wajib menerapkan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian covid 19.

Sedangkan dari Gugus tugas penanganan Covid 19 Bapak Yanuar Sosiawan turut menyampaikan materi dengan tema ‘’Solusi Pilkada di tengah Pandemi Covid 19” dalam pelaksanaan Pilkada tahun ini agar selalu menerapkan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian covid-19 dengan dibantu oleh petugas Jogo Tonggo dan Kampung Siaga covid-19 di masing-masing Kelurahan.

Exit mobile version