Pembinaan Personel

Polresta Surakarta All Out Amankan Pergantian Tahun di Solo

jateng.tribratanews.com, Surakarta – Perayaan pergantian tahun di Kota Solo akan menjadi perhatian utama pihak Polresta Surakarta. Dalam puncak perayaan pergantian tahun, Kota Solo akan menggelar event Car Free Night (CFN).

Polresta Surakarta bersama Korem 074/Warastratama akan all out mengerahkan segala kemampuan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat yang akan merayakan CFN di Kota Bengawan pada pergantian tahun, Selasa (31/12).

Kapolresta Surakarta, AKBP Andy Rifai mengemukakan, tim sniper (penembak jitu) dari Brimob sudah disiagakan, termasuk di dalamnya penambahan kamera pengawas di sepanjang jalan Slamet Riyadi hingga Bundaran Gladag.

Untuk pemetaan permasalahan yang akan terjadi, Polresta Surakarta bersama Korem 074 Warastratama, Kodim 0735/Surakarta, dan Pemerintah Kota Solo, menggelar simulasi pengamanan Tactical Floor Game (TFG) di Mako 2 Jalan Slamet Riyadi, Senin (30/12).

Dalam TFG, ada beberapa skenario persoalan yang kemungkinan akan muncul selama pelaksanaan CFN, seperti pencurian, aksi copet, kecelakaan, kebakaran, ataupun tindakan kriminal lainnya seperti serangan teroris dan pihak-pihak yang ingin mengganggu kenyamanan dan keamanan Kota Solo.

TFG, kata Kapolresta, bertujuan agar petugas yang bertugas dalam hal ini perwira pengendali memahami situasi yang terjadi di lapangan, serta bertindak secara cepat dan tepat.

“Pemetaan kerawanan disimulasikan dalam TFG, bagaimana kami mengatasi persoalan yang kemungkinan akan muncul. Ada empat titik lokasi keramaian dan pusat perayaan tahun baru, yakni di Plaza Manahan, Alun-Alun Kidul, Bendungan Kalianyar, dan perayaan CFN sepanjang jalan Slamet Riyadi,” tegas Kapolresta.

Berita Terkait