Pembinaan Personel

Tradisi Pedang Pora, Warnai Penyambutan Kapolres Grobogan yang Baru

jateng.tribratanews.com, Grobogan Polda Jateng – Pergantian Kapolres Grobogan digelar dengan tradisi pedang pora di halaman mapolres setempat Rabu (04/12) lalu. Tongkat komando Kapolres Grobogan yang semula AKBP Choiron El Atiq berpindah ke tangan AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho.

Suasana pergantian tersebut berlangsung khidmat. Mulai dari gerbang barat mapolres hingga menuju depan ruang lobi, berjejer para perwira membawa pedang. Mereka mulai mengangkat pedang setelah kapolres baru tiba.

Sebelum tradisi pedang pora dimulai, dua polwan menyambut kapolres beserta istri yang turun dari mobil dengan tarian Jawa. Kapolres juga diberi kalung bunga tanda penghormatan dan selamat datang di tempat tugas yang baru.

Kapolres beserta istri lantas berjalan melewati rangkaian pedang yang dipegangi para perwira tersebut. Dalam penyambutan itu, kapolres juga diberikan kalung bunga sebagai tanda penghormatan dan selamat datang di tempat tugas yang baru.

AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho semula menjabat sebagai Kasubid Paminal Polda Jateng. Dia menggantikan Kapolres Grobogan yang lama AKBP Choiron yang kini pindah tugas Sebagai Wakapolres Metro Jakarta Selatan. Usai acara pedang pora, dilanjutkan berbagai rangkaian kegiatan. Seperti apel besar, lapsat (laporan satuan) dan acara lainnya.

AKBP Choiron sendiri menjabat sebagai kapolres Grobogan selama 1 Tahun 8 bulan. Hampir dua tahun selama bertugas di Grobogan banyak kenangan yang didapatnya.

”Warga Grobogan orangnya baik, ramah, dan bisa menciptakan iklim kondusif. Begitu juga dengan pemerintahan dan FKPD-nya, kompak. Media di Grobogan juga mendukung untuk kinerja polisi dalam mempublikasikan kegiatan,” kata AKBP Choiron.

Berita Terkait