Binmas

Kapolsek Plantungan Rangkul Ormas Jaga Kondusifitas Wilayah

jateng.tribratanews.com, Kendal – Kapolsek Plantungan Polres Kendal Iptu Nundarto mengadakan silaturahmi dengan beberapa organisasi masyarakat yang ada di Kecamatan Plantungan yang digelar di Polsek Plantungan, Selasa (3/12). Beberapa ormas tersebut diantaranya Pemuda Pancasila, Lindu Aji, Banser, Kokam dan Laskar Pemuda Plantungan.

Terkait silaturahmi dengan ormas ini, Kapolsek Plantungan Iptu Nundarto mengatakan bahwa salah satu tugas pokok Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) adalah sebagai pengemban fungsi keamanan Dalam Negeri, pemelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, pelindung pengayom dan pelayan masyarakat sesuai dengan Undang-undang nomor 2 tahun 2002 tentang Polri. Sehugungan dengan hal tersebut sudah menjadi tanggungjawab dari Polsek Plantungan untuk melakukan pembinaan terhadap ormas-ormas yang ada di wilayahnya.

Dalam kegiatan ini Kapolsek menyampaikan pesan dan himbauan kamtibmas agar kedepan tidak boleh terjadi gesekan-gesekan antar ormas seperti halnya yang terjadi di wilayah lain. Kapolsek mengatakan ada aturan yang harus dipahami terkait ormas sebagaimana Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan untuk mengatur kegiatan-kegiatan ormas yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945 pengganti UU no. 17 tahun 2013 tentang Ormas, dimana ketentuan pasal 59 Ormas dilarang melakukan tindakan kekerasan, mengganggu ketenteraman dan ketertiban umum, atau merusak fasilitas umum dan fasilitas sosial.

“sehingga kedepan agar ormas-ormas yang ada di wilayah Kec.Plantungan dapat bersama-sama memberikan tauladan terutama pengabdian yang terbaik bagi masyarakat di wilayah Plantungan”, Terang Iptu Nundarto

Kapolsek juga menambahkan Polres Kendal khususnya Polsek Plantungan sesuai perintah Kapolres Kendal AKBP Hamka Mappaita untuk selalu melaksanakan kegiatan sambang dan koordinasi dengan seluruh elemen masyarakat di Kecamatan Plantungan tak terkecuali dengan organisasi kemasyarakatan sebagai mitra Polri dalam rangka pemeliharaan kamtibmas yang kondusif.

Berita Terkait