Mitra Polisi

TMMD Sengkuyung Tahap III Bangun Jalan Pasar Tradisional Lembah Merapi Magelang

jateng.tribratanews.com, Magelang – Wakapolres Magelang Polda Jawa tengah Kompol Eko Mardiyanto hadiri Upacara penutupan TMMD di Lapangan Garonan Desa Banyubiru, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang. Kamis (31/10)

Dalam upacara penutupan bertindak selaku Inspektur Upacara Letkol Inf B.Nurochman Dandodikjur Rindam IV / Diponegoro sedangkan Dan Up Danramil 12/ Sawangan Kapten Inf Sukenang dan Perwira Upacara kapten Inf Sunarto Danramil 10 Candimulyo, sedangkan Pembaca Laporan kordinator TMMD 0705 Magelang Lettu Sriyanto Pasi Teritorial.

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Kab Magelang Edi Cahyana, Kapolres Magelang diwakili Wakapolres Kompol Eko Mardiyanto, Mayor Arm Imam Saputro, Perwakilan dari Akmil, Kapten Arm Sutiyo Danra A Mewakili Danyon Armed 03/ 105 Tarik, Drs Sujadi Kadis Permades, sekertaris dis permades Bpk Darmono, Sekertaris DLH Joko Sudibyo, Kabid Pemerintahan dan Pemberdayaan Masyarakat Khoirul Anwar SSTP, Sekertaris Satpol PP Much Damil, Anggota DPRD Kabupaten Magelang Fraksi PKB Syukur Ahadi, Jajaran perwira kodim 0705/Magelang, Forkopimcam Dukun, Ibu Adi Wuryanto Sekda selaku ibu Dharma Wanita bersama ibu Agung Trijaya dan Ibu Eko Triyono, Kades se kec Dukun, Toga Tomas Toda dan Tamu undangan lebih kurang 300 orang.

Letkol B Nurochman dalam Sambutannya menyampaikan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 tahun 2019 dengan penuh kebersamaan serta dilandasi semangat gotong-royong, dengan mengambil tema “Melalui TMMD Kita Wujudkan Percepatan Pembangunan Untuk Kesejahteraan Rakyat”

“Makna yang terkandung dari tema tersebut adalah bahwa TNI bersama dengan Pemerintah Daerah dan masyarakat secara bersama-sama melaksanakan percepatan pembangunan terhadap fasilitas umum dan fasilitas sosial untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat“ katanya.

TMMD merupakan program kerja sama yang terpadu dan berkelanjutan antara TNI, Polri, Kementerian/Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) yang mensinergikan program masing-masing instansi untuk membantu meningkatkan percepatan pembangunan di daerah-daerah.

“Sehingga bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat dengan kriteria sasaran berupa daerah pedesaan khususnya daerah yang tergolong tertinggal/miskin, terisolasi/terpencil, daerah perbatasan dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena akibat bencana“ imbuhnya.

Kodam IV/Diponegoro pada Tahun 2019 melaksanakan 3 tahap (Reg 104,105 dan 106), selain melaksanakan TMMD Reguler Kodam IV/Diponegoro juga melaksanakan TMMD Sengkuyung/ imbangan dalam pelaksanaanya, baik TMMD Reguler maupun Sengkuyung secara bersamaan yang dilaksanakan selama 30 Hari, dibuka maupun ditutup secara serentak se-Indonesia.

Dalam Kegiatan TMMD tidak hanya Sasaran Fisik yang dikerjakan, melainkan juga sasaran Non Fisik yang meliputi penyuluhan bidang kesejahteraan rakyat, kesadaran bernegara, bela negara dan ketertiban masyarakat, kesehatan, hukum, HAM dan lain-lain sesuai kebutuhan daerah sasaran.

TMMD sekuyung tahap III tahun 2019 wilayah Kodim 0705/ Magelang telah melaksanakan pembangunan asset jalan menuju puncak Gununggono yang merupakan lokasi pasar Tardisional lembah merapi, di Desa Banyubiru Kecamatan Dukun, dengan cor blok sepanjang 1000 meter lebar 2 meter, juga sasaran non fisik berupa penyuluhan Bela Negara, penyuluhan bahaya Narkoba, penyuluhan Pertanian, penyuluhan Peternakan, penyuluhan Kesehatan dan lain-lain.

Usai pelaksanaan upacara penutupan dilanjutkan peresmian dan Peninjauan lokasi TMMD Sengkuyung tahap III th 2019 dengan ditandai pemotongan pita dan penanaman pohon buah buahan di lokasi TMMD secara simbolis.

Editor Wahyu

Berita Terkait