Pembinaan Personel

Polres Klaten Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2019

jateng.tribratanews.com, Klaten – Polres Klaten laksanakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2019 di halaman depan Mapolres. Upacara yang mengambil tema “Pancasila sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia” tersebut diikuti oleh para pejabat Polres, anggota Polres, perwakilan Polsek jajaran dan ASN. Selasa (1/10/19).

Bertindak selaku inspektur upacara adalah Wakapolres Klaten Kompol Moch Zulfikar sedangkan komandan upacara dijabat oleh Iptu Fajar Damhudi.

Adapun beberapa rangkaian upacara diantaranya mengheningkan cipta untuk arwah pahlawan dipimpin oleh inspektur upacara. Kemudian pembacaan teks Pancasila oleh Irup. Selanjutnya pembacaan pembukaan UUD 1945 oleh Ipda Matius serta pembacaan naskah Ikrar.

Usai upacara Wakapolres mengatakan bahwa makna peringatan hari kesaktian Pancasila ini adalah agar kita semua paham sejarah dan senantiasa waspada terhadap setiap usaha yang mencoba untuk mengubah dasar negara Indonesia tersebut seperti yang terjadi di masa lalu.

“Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini harus dimaknai sebagai tuntutan bagi kita semua untuk tetap berpegang teguh pada Pancasila dan bersama-sama membulatkan tekad menjaga Pancasila dari segala rongrongan” ungkapnya.

Selain itu peringatan hari Pancasila dimaksudkan untuk mengenang para pahlawan revolusi yang gugur dalam peristiwa G30S-PKI.(tsc)

Berita Terkait