Binkam

Kebakaran Rumah Terjadi di Kaligondang Purbalingga, Kerugian Ditaksir 150 Juta

jateng.tribratanews.com, Purbalingga – Kebakaran menimpa sebuah rumah milik Mundiarjo (65) di Desa Penolih RT 1 RW 8, Kecamatan Kaligondang, Purbalingga, Kamis (19/9/2019) pagi. Akibatnya rumah tersebut hangus dilalap si jago merah.

Kapolsek Kaligondang Iptu Mahudi mengatakan mendapat laporan kejadian, pihaknya kemudian mendatangi lokasi. Setelah api berhasil dipadamkan kemudian dilakukan pemeriksaan bersama Inafis Polres Purbalingga.

“Tidak ada korban jiwa akibat kebakaran, karena kondisi rumah kosong ditinggal penghuninya ke sawah. Penyebab kebakaran diduga akibat korsleting listrik,” kata kapolsek.

Berdasarkan keterangan sejumlah saksi rumah tersebut ditinggali Dirin (43) karena pemiliknya berada di Jakarta. Sebelum kejadian, Dirin meninggalkan rumah pukul 05.30 WIB untuk pergi ke sawah. Rumah dalam keadaan terkunci dan dapur tidak sedang digunakan memasak.

“Kebakaran diketahui pertama kali oleh saksi bernama Tarsiah tetangga korban. Saat itu, ia mendengar suara bambu terbakar, kemudian dilakukan pengecekan diketahui api sudah membakar bagian atap rumah tersebut,” kata kapolsek.

Ditambahkan kapolsek, api berhasil dipadamkan setelah satu mobil pemadam didatangkan. Namun akibat kebakaran rumah berukuran 8 x 20 meter dengan dinding tembok dan rangka atap dari bambu dan kayu beratap seng dan asbes hangus terbakar. Kerugian ditaksir mencapai Rp 150 juta.

Kapolsek mengimbau kepada warga agar berhati-hati dalam menggunakan alat elektronik dan pemasangan instalasi listrik. Peralatan listrik yang digunakan harus berstandar SNI dalam pemasangan instalasi tidak berlebihan. Hal tersebut guna mencegah terjadinya korsleting listrik yang bisa menimbulkan kebakaran.

(Humas Polres Purbalingga)

Berita Terkait