Pembinaan Personel

Tasyakuran hari Jadi Ke 71 Polwan RI tahun 2019, Polres Magelang Kota Potong tumpeng

jateng.tribratanews.com, Kota Magelang – Polres Magelang Kota Polda Jawa Tengah menggelar acara tasyakuran dalam rangka memperingati hari jadi yang Ke 71 Polisi Wanita (Polwan) Republik Indonesia tahun 2019 di Aula Mako 1 Polres Magelang Kota (Rabu,4/9/2019).

Dalam rangka memperingati hari jadi yang Ke 71 Polisi Wanita (Polwan) Republik Indonesia tahun 2019, Polres Magelang Kota menggelar acara tasyakuran dengan memotong tumpeng di Aula Aula Mako 1 Polres Magelang Kota yang dihadiri Kapolres Magelang Kota AKBP Idham Mahdi, S.I.K., M.A.P. beserta seluruh pejabat utama termasuk Kapolsek jajaran, Ketua Bhayangkari Cabang Magelang Kota Ny. Windy Idham Mahdi beserta pengurus, seluruh anggota Polwan Polres Magelang Kota dan anggota PNS wanita. Selain itu, kegiatan ini juga menghadirkan beberapa purnawiran Polwan yang habis masa dinasnya pada tahun 2018-2019.

Kapolres Magelang Kota AKBP Idham Mahdi, S.I.K., M.A.P. memotong tumpeng dan secara simbolis diberikan kepada Bripda Ninda anggota Satuan Shabara yang merupakan anggota Polwan Polres Magelang Kota. selain memotong tumpeng juga dilakukan pemotongan dua Kue, kue yang pertama dipotong oleh Ketua Bhayangkari Cabang Magelang Kota Ny. Windy Idham Mahdi yang diberikan kepada Ipda Sumiyati anggota Polsek Magelang Utara, bahkan Isteri Kapolres tersebut juga menyuapi Ipda Sumiyati. Sedangkan kue yang kedua dipotong oleh Wakapolres Kompol Khamami, S.H. dan diserahkan kepada senior Polwan Kompol Nanik Kusworini, S.H. (Kabag Sumda).

Ketua panitia Kompol Sri Wigiyanti yang sehari-hari menjabat Kabag Perencanaan juga diberi kesempatan untuk melaporkan pelaksanaan rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan Polwan Polres Magelang kota dalam rangka memperingati hari jadinya Ke 71 Polisi Wanita (Polwan) Republik Indonesia dihadapan Kapolres.

Pada acara Tasyakuran hari Jadi Ke 71 Polwan Republik Indonesia pada tahun 2019 tingkat Polres Magelang kota, AKBP Idham Mahdi, S.I.K., M.A.P. membacakan sambutan Kapolri Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D. Mengawali sambutannya, Kapolri mengajak hadirin dan tamu undangan untuk mendoakan kepada personel TNI-Polri yang saat ini sedang melaksanakan tugas memelihara keamanan di Papua dan Papua Barat. “Semoga seluruh personel TNI-Polri senantiasa dalam lindungan Tuhan YME, situasi keamanan Papua dan Papua Barat tetap dalam keadaan kondusif, sehingga seluruh agenda pembangunan dapat terselenggara dengan lancar” kata Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D. yang dibacakan Kapolres Magelang Kota

Dalam sambutannya, Kapolri mengucapkan Selamat Hari Jadi ke-71 Polisi Wanita Republik Indonesia Segenap doa senantiasa teriring kepada seluruh Polwan di mana pun bertugas, dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote. Juga kepada para Polwan yang tengah pelaksanakan penugasan di luar negeri, sebagai pasukan dalam Misi Pemeliharaan Perdamaian PBB, melaksanakan tugas di Kedutaan dan Konsulat Indonesia di manca negara, maupun yang sedang menempuh pendidikan di berbagai perguruan tinggi luar negeri.

Kapolri juga mengatakan peringatan Hari Jadi Polwan menjadi momentum untuk menghormati eksistensi dan kontribusi Polwan, tidak hanya bagi kemajuan institusi Polri namun juga bagi masyarakat, bangsa, dan negara. Sejarah mencatat kelahiran Polwan tidak dapat dipisahkan dari perjalanan bangsa dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Latar belakang pembentukan Polwan adalah kebutuhan masyarakat terhadap kehadiran petugas keamanan berjenis kelamin wanita. Mereka dibutuhkan untuk menangani pengungsian besar-besaran akibat Agresi Militer Belanda I tahun

1947. Pada perkembangannya, enam orang Polwan pertama, sekaligus enam wanita ABRI pertama, juga mendapatkan kesempatan untuk mengemban tugas-tugas operasional di lapangan, bahkan berada di garis terdepan pertempuran dan wilayah pedalaman. Banyak pelajaran penting yang dapat kita petik dari peristiwa tersebut. Selain menjadi bukti kecepatan Polri dalam merespon setiap kebutuhan masyarakat, pembentukan Polwan juga menunjukkan penghormatan Polri terhadap nilai-nilai kemanusiaan. Catatan sejarah tersebut juga menjadi bukti bahwa sejak awal kelahirannya, Polwan telah mendapatkan kesempatan untuk mengemban tugas-tugas operasional di lapangan.

.Masih dalam sambutan Kapolri, Eksistensi Polwan dalam berbagai bidang penugasan telah

menunjukkan prestasi yang membanggakan. Polwan menjadi salah satu elemen penting dalam mewujudkan institusi Polri yang profesional, modern, dan terpercaya. Hal tersebut selaras dengan tema peringatan Hari Jadi ke-71 Polwan tahun 2019, yaitu “Dengan Semangat Promoter, Pengabdian Polwan untuk Masyarakat, Bangsa, dan Negara”, Sejalan dengan hal tersebut, Kapolri telah memberi kesempatan yang luas kepada para Polwan untuk mengikuti pendidikan pengembangan, baik di dalam maupun luar negeri, serta untuk menduduki jabatan operasional.

Kapolri juga mengungkapkan bahwa saat ini, tiga Polwan telah menyandang pangkat Brigjen, 65 Polwan berpangkat Kombes, 644 Polwan berpangkat AKBP, 959 Polwan berpangkat Kompol, serta 5.672 Polwan berpangkat Perwira Pertama. Tidak hanya itu, 4 Polwan juga sedang mengemban jabatan Kapolres, 14 Polwan sedang menduduki jabatan Wakapolres, dan 32 Polwan mengemban jabatan Kapolsek. Di dunia internasional, Polwan Republik Indonesia juga memiliki kiprah cemerlang. Sepanjang tahun 2019, 22 orang Polwan ikut melaksanakan Misi Pemeliharaan Perdamaian PBB di negara, yaitu Afrika Tengah, Haiti, Mali, Congo, Sudan, Sudan Selatan, dan Yaman. Polwan Republik Indonesia juga mendapatkan kepercayaan untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Konferensi Tahunan ke-58 Asosiasi Polisi Wanita Internasional, yang akan dilaksanakan pada tanggal 4 sampai dengan 10 September 2020, di Yogyakarta.

Kapolri mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Ketua Umum Bhayangkari selaku Ibu Asuh Polwan, yang tanpa pernah mengenal lelah, meluangkan waktu, tenaga, pikiran dan gagasan, dalam membina Polwan, sehingga dapat meraih berbagai prestasi yang sangat membanggakan. Di bawah bimbingan Ibu Asuh Polwan, Polisi Wanita Republik Indonesia telah berhasil menunjukkan berbagai prestasi gemilang, antara lain ekspedisi pendakian Puncak Carstenzs, bersama Wanita TNI melaksanakan penyelaman massal dan pembentangan bendera terpanjang pada tanggal 11 Agustus 2018, serta dengan Wanita Selam Indonesia melaksanakan penyelaman dengan rangkaian terpanjang, penyelaman massal terbanyak, dan pembentangan bendera bawah laut terbesar sehingga memecahkan 3 rekor dunia pada tanggal 3 Agustus 2019. Prestasi lain yang membanggakan adalah Marching Band Polwan Esthi Bhakti Warapsari berhasil memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia tahun 2019 di Istana Merdeka.

Berbagai kegiatan tersebut, tentu semakin menambah kebanggaan dan kecintaan masyarakat terhadap Polwan Republik Indonesia. Namun demikian, Kapolri menyadari bahwa Polwan mengemban peran yang sangat kompleks, sebagai anggota Polri dalam kehidupan kedinasan juga sebagi seorang istri dan ibu bagi anak-anak dalam kehidupan keluarga, serta warga masyarakat dalam kehidupan sosial. Berbekal kedewasaan dan kematangan yang dimiliki, Kapolri juga yakin hal tersebut tidak akan menjadi hambatan. Sebaliknya, justru menjadi kekuatan yang mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas.

Oleh karena itu, agar kinerja dan prestasi Polwan dapat terus tercapai secara lebih optimal.

Kapolri mendorong para Polwan untuk terus mengembangkan diri. Tingkatkan pengetahuan dan keterampilan guna mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas. Raih kesempatan mengikuti pendidikan dan pelatihan secara maksimal. Dengan demikian, para Polwan dapat terus berkarya dan berprestasi, serta mendapatkan tempat di hati masyarakat Indonesia.

Setelah selesai membacakan Sambutan kapolri, AKBP Idham Mahdi, S.I.K., M.A.P. juga berpesam kepada seluruh anggota Polwan Polres magelang Kota yang hadir dalam acara Tasyakuran hari Jadi Ke 71 Polwan Republik Indonesia pada tahun 2019 tingkat Polres Magelang kota untuk bekerja dengan baik dan penuh semangat, Terus kembangkan diri untuk meraih prestasi. “saya berpesan jaga harkat dan martabat Polisi Wanita Repubilk Indonsia” kata Kapolres sebelum menutup sambutannya

Berita Terkait