Pembinaan Personel

Pemeriksaan Mendadak Propam Polres Magelang Kota

jateng.tribratanews.com, Kota Magelang – Seksi Profesi dan Pengamanan (Sipropam) Polres Magelang Kota Polda Jawa Tengah melaksanakan Operasi penegakan ketertiban dan disiplin (Ops Gaktiplin) secara mendadak terhadap anggota pada saat apel pagi di halaman Mako 1, Rabu (31/7/2019).

Selesai pelaksaan apel pagi dihalaman Mako 1, secara mendadak Sipropam Polres Magelang Kota melaksanakan kegiatan rutin berupa Operasi penegakan ketertiban dan disiplin (Ops Gaktiplin) terhadap anggota Polres Magelang Kota yang mengikuti apel. Kegiatan yang dipimpin Iptu Kolik (Kasipropam) dengan melakukan pemeriksaan dengan beberapa sasaran sebagai upaya mencegah pelanggaran oleh Anggota Polres Magelang Kota.

Setelah memberikan arahan terkait aturan dan penekanan tentang kedisiplinan Kasipropam beserta anggota segera melakukan memeriksa anggota Polres Magelang Kota. Sasaran pertama adalah sikap tampang dengan memeriksa kerapian dan potongan rambu, jambang dan jenggot serta pemakaian seragam dinas yang dipakai anggota, karena penampilan personel merupakan cermin penampilan Polri di masyarakat. Sasaran selanjutnya Iptu Kolik memeriksa kelengkapan surat-surat diri yang harus dibawa seorang anggota Polri. Dengan memeriksa KTP, KTA, SIM, STNK bahkan kartu BPJS pun juga diperiksa.

Walaupun tidak ditemukan pelanggaran berat dalam Ops Gaktiplin hari ini tetapi masih ditemukan ada anggota yang kurang rapi dalam potongan rambut. Anggota tersebut langsung ditegur untuk merapikan dan diberi waktu setelah dirapikan masih harus hadir di ruang Sipropam untuk dicek kembali. Pemeriksaan surat-surat kelengkapan diri personel dilakukan juga sebagai sarana pengingat bagi anggota itu sendiri apakah masa berlakunya sudah habis atau tidak. Seperti SIM dan STNK kendaraan yang dipakainya akan habis masa berlakunya atau mendekati waktu pembayaran pajak, Propam dapat mengingatkan kembali.

Kegiatan operasi yang dilakukan Iptu Koliq dan anggota merupakan salah satu tugas Seksi Profesi dan Pengamanan (Sipropam) dalam penegakan disiplin, ketertiban dan pengamanan internal personel Polri di lingkungan Polres Magelang Kota.

“Kegiatan operasi akan terus dilakukan secara berkala untuk meningkatkan kedisiplinan personel Polres Magelang Kota karena kedisiplinan setiap personel pasti akan patuh, taat dan takut untuk melakukan pelanggaran apapun” kata Iptu Kasipropam.

Berita Terkait