Binkam

Polres Banyumas Terjunkan Polwan Amankan Pilkades Serentak 2019

jateng.tribratanews.com, Polda Jateng, Banyumas – Polres Banyumas, Polda Jawa Tengah menerjunkan 1.135 personel, yang 67 di antaranya polisi wanita (Polwan) dalam mengamankan pemilihan kepala desa (pilkades) di Desa Keterlibatan polwan dalam mengamankan pilkades sebagai usaha menciptakan suasana lebih humanis,” kata Kapolres Banyumas AKBP Bambang Yudhantara Salamun, S.I.K Oleh karena itu, “katanya, pengamanan pilkades yang seluruhnya ada 257 desa tahun ini juga menerjunkan polwan.

“Petugas yang diterjunkan mengamankan pilkades tidak ada yang membawa senjata tajam,” katanya, menegaskan. Ditanya situasi pilkades di daerah setempat, menurut dia, kondisinya biasa saja tidak memanas, bahkan cenderung kondusif. Meski demikian, ia mengimbau calon kepala desa (cakades) tetap harus bersikap ksatria siap menang atau kalah sebagai usaha memberikan tauladan kepada masyarakat.

“Pemantauan kami kondisi politik di desa yang menggelar pilkades kondusif, tapi petugas tetap bersiaga mengantisipasi kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” tegasnya.

Kepada petugas, ia menginstruksikan agar bisa bekerja sama kepada jajaran di desa yang menggelar pilkades baik panitia pilkades, tokoh masyarakat, juga yang lainnya dalam mengamankan pesta demokrasi di desa.

Selain itu, katanya, petugas juga harus bisa bersikap netral mengayomi seluruh masyarakat yang menggelar pilkades untuk menciptakan rasa aman.

“Prinsipnya petugas kepolisian hanya mengamankan jalannya pilkades. Tidak boleh terlibat secara langsung dalam pilkades,” ujarnya.

(PID Promoter Humas Polres Banyumas)

Berita Terkait