Binmas

Tingkatkan Kemampuan Linmas, Polsek Bejen Berikan Pelatihan Khusus

jateng.tribratanews.com, Temanggung – Untuk meningkatkan kemampuan serta optimaslisasi keberadaan Linmas di tengah-tengah masyarakat, Polres Temanggung melalui Kanit Binmas Polsek Bejen Aiptu Bambang Subiyono melaksanakan pelatihan Linmas di Desa Kemuning, Rabu (3/7/19).

Camat Bejen Edy Cahyadi menerangkan bahwa kegiatan pelatihan yang dilaksanakan oleh tim gabungan dari Polsek Bejen, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Kasi Trantibum serta tim dari Kecamatan Bejen tersebut betempat di Balai Desa Kemuning dan bertujuan untuk mengoptimalisasi keberadaan linmas di tengah-tengah masyarakat. Linmas diharapkan mampu melakukan pendekatan yang persuasif, edukatif dan parsitipatif dalam masyarakat.

“Selain Tugas Pokok, Linmas juga mempunyai Fungsi Utama yaitu Melindungi masyarakat, membantu menanggulangi serta mengurangi / mengatasi akibat dari bencana yang ditimbulkan oleh perang / gangguan keamanan dan akibat bencana alam serta bencana – bencana lainnya, terhadap kerugian jiwa dan harta benda”, terang Edy.

Sementara itu Aiptu Bambang mengawali sambutannya mengingatkan bahwa Tugas pokok dan fungsi linmas misalnya dalam penanggulangan bencana harus mampu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Satuan Linmas harus mampu menjadi pelopor dan penggerak Pengamanan Swakarsa di tengah-tengah masyarakat. Linmas juga didorong untuk membaur dengan kelompok-kelompok masyarakat guna menciptakan situasi tertib, tentram dan aman di wilayah Desa.

“Indikator suksesnya pelatihan linmas adalah meningkatnya kualitas SDM Linmas, menguatnya kelembagaan dan peran serta Linmas, serta meningkatnya kesiap-siagaan Satuan Linmas dan masyarakat dalam penanggulangan bencana, ketentraman dan ketertiban umum,” lanjutnya.

Pelatihan tidak hanya terpaku pada materi saja, namun peserta pelatihan Linmas yang berjumlah 40 orang tersebut juga dilatih baris berbaris, cara mengamankan TKP serta pengaturan Lalulintas.

“Pelatihan tidak hanya sebatas teori namun juga praktek langsung dilapangan dan yang berhubungan dengan tugas pelayanan kepada masyarakat, seperti PBB maupun pengaturan Lalulintas,” pungkasnya.

(Humas Polres Temanggung).

Berita Terkait