Kapolres Purworejo Resmikan Pos Patwal Endra Dharmalaksana

jateng.tribratanews.com, Purworejo – Pos Polisi di Desa Batoh Kecamatan Bayan, tepatnya Jalan Gajah Mada Km 7 Kabupaten Purworejo telah selesai direvitalisasi. Kini, bangunan tersebut berubah kontruksi menjadi 2 lantai dengan nama Pos Patwal Endra Dharmalaksana Batoh Purworejo.

Keberadaanya siap difungsikan untuk mengamankan arus mudik dan balik lebaran 2019 ditandai dengan peresmian oleh Kapolres Purworejo AKBP Indra Kurniawan Mangunsong, Jumat (10/5) sore. Hadir dalam peresmian tersebut antara lain Asisten Administrasi dan Kesra Purworejo Sumharjono SSos MM yang mewakili Bupati Agus Bastian SE MM, jajaran Forkopimda, kepala OPD terkait, para Kasat, serta tokoh agama dan masyarakat setempat.

Kapolres Purworejo menyebutkan pembangunan Pos Patwal Endra Dharmalaksana menelan biaya sekitar Rp386 juta yang bersumber dari sumbangan seorang sahabat baiknya di Riau. Adapun nama Endra Dharmalaksana yang dipakai merupakan nama batalyon Akpol angkatan 1999 saat Kapolres Purworejo menempuh pendidikan.

“Bantuan ini murni dari rekan baik saya di Riau dan tanpa tendensi apa-apa,” sebutnya, Dengan luas bangunan 5×10 meter, Pos Patwal ini dibangun dua lantai dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Beberapa di antaranya yakni pos jaga, ruang tunggu, ruang pelayanan, serta ruang olah TPTKP awal (Tindakan Pertama Tempat Kejadian Perkara). Ruangan dibuat lebih representatif.

Menurut Kapolres Purworejo Pos Patwal Endra Dharmalaksana sangat penting mengingat keberadaan jalur tersebut sangatlah vital. Kedepan, jalur tersebut merupakan jalur utama menuju bandara Yogyakarta International Airport (YIA) dari arah barat seperti Kebumen, Purwokerto, Cilacap, dan Wonosobo.

“Ini sekaligus kita siapkan untuk menghadapi Operasi Ketupat Candi 2019. Namun, tidak hanya saat arus mudik atau balik lebaran, susudah itupun pos ini akan sangat bermanfaat,” jelasnya.

Kasat Lantas AKP Nyia Ayu Fitri Facha SH menambahkan, Pos Patwal Batoh menjadi satu-satunya pos Patwal di Purworejo dan melengkapi 4 pos polisi yang telah ada, seperti Pos Tugu, Pos Pendowo/Manggis, Pos Monumen, dan Pos Kutoarjo.

“Di Pos Patwal Batoh ini akan disiagakan personel selama 24 jam setiap harinya. Khusus selama Ops Candi, pos ini akan menjadi pos pengamanan terpadu,” kata Kasat Lantas.

Exit mobile version