Binmas

Kapolres Cilacap Isi Kultum Taraweh di Masjid Agung Darusalam

jateng.tribratanews.com, Polda Jawa Tengah, Cilacap – Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto mengisi kultum solat tarawih di Masjid Agung Darusalam alun alun kabupaten Cilacap Kamis (9/5/209).

Dalam materi kultumnya Kapolres menjelaskan keutamaan ibadah puasa di bulan romadhon.

Berkaitan dengan ibadah puasa Kapolres menjelaskan bahwa puasa adalah sebagai jalan menuju taqwa seperti yang disebutkan dalam surat Al Baqarah 183 bahwa puasa diwajibkan pada orang yang beriman agar bertaqwa.

“Hikmah puasa adalah mengendalikan hawa nafsu dan menjaga kesucian diri antara lain dengan cara melatih kejujuran, kesabaran diri, saling kasih mengasihi serta saling tolong menolong terhadap sesama serta dapat menyehatkan tubuh” ungkap Kapolres .

Keutamaan pahala puasa sangatlah besar yaitu bahwa pahala puasa Allah yang akan langsung memberikan nya dengan melipat gandakan bagi orang yang berpuasa dengan tanpa batas.

Kapolres juga mengingatkan kepada para jamaah agar mewaspadai ajaran kekerasan yang mengatas namakan agama seperti kelompok kelompok radikal dan intoleransi yang membuat masyarakat menjadi saling curiga saling membenci pada orang lain hanya karena berbeda agama dan keyakinan.

“ Kelompok radikal dan teroris justru mengartikan jihad sebagai perang untuk memusuhi pihak yang bersebrangan dan memerangi orang yang beda agama yang dianggap sebagai kebenaran padahal Islam melarang saling benci saling memfitnah dan mengadu domba dan saling membunuh karena Islam adalah agama yang rahmatan lil alamin,” Jelas Kapolres.

Diakhir kultumnya Kapolres mengajak kepada para jamaah untuk tetap menjalin persatuan baik sesama umat beragama maupun antar umat beragama agar NKRI tetap utuh dan jauh dari perpecahan.

Berita Terkait