Ini Upaya Satpolairud Polres Pati Antisipasi Ratusan Kapal Yang Akan Sandar di Sungai Silugonggo Juwana

jateng.tribratanews.com, Pati – Menjelang hari raya Idul Fitri tahun ini diperkirakan kurang lebih 1200 kapal asal Juwana akan masuk dan sandar di sepanjang alur Sungai Silugonggo Juwana.

Tentu saja hal ini dapat menimbulkan gangguan kamtibmas jika tidak diantispasi sejak dini, oleh karena itu bersama dengan instansi maritim terkait, pihak Satpolairud Polres Pati menggelar rapat koordinasi yang bertempat di kantor Pelabuhan Perikanan Pantai Bajomulyo Komplek TPI Unit 1 Juwana pada hari Kamis (9/5/2019).

Rapat tersebut dipimpin oleh Kepala Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Bajomulyo Saptiwi Mumpuni, Msi serta di hadiri oleh Camat Juwana Sugiono, Waka Polsek Juwana Iptu Kusno, Pos TNI AL Juwana yang diwakili Peltu Suhadi, Danramil Juwana Kapten Sriyanto, Satker PSDKP Juwana, Ketua HNSI Kab Pati H Rasmijan, Ketua Pokwasmas Mina Bahari H.Askuna, serta perwakilan pemilik kapal yang tergabung dalam paguyuban purseine dan cantrang.

KBO Satpolairud Polres Pati yang diwakili oleh Ipda Tamyis dalam rapat tersebut menjelaskan bahwa pihaknya beserta tim terpadu telah melakukan serangkaian kegiatan untuk mengantisipasi menumpuknya kapal yang akan sandar di Sungai Silugonggo.

“Pertama sebagai upaya preemtif kami telah memasang spanduk mengenai sandar kapal dan kebakaran kapal di sepuluh titik selanjutnya upaya preventif telah kami laksanakan berupa kegiatan patroli di sepanjang alur Sungai Silugonggo dan terakhir sekali upaya represif berupa penarikan dan pemindahan kapal jika pemilik kapal tetap membandel dan tidak bisa diajak kooperatif dalam pengaturan sandar kapal,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua HNSI Kabupaten Pati H Rasmijan menyampaikan bahwa nelayan sangat mendukung dan mengapresiasi kinerja dari tim terpadu serta menambahkan bahwa pihaknya berharap agar nanti pada saat pelaksanaan sedekah laut di Juwana dapat berjalan dengan aman dan tidak terganggu oleh penyempitan alur sungai yang diakibatkan sandar kapal yang tidak teratur.

“Mari kita bekerja sama dan saling mengisi agar tahun ini sandar kapal di Juwana dapat berjalan dengan tertib serta kita semua juga berharap agar tahun ini tidak terulang kembali kejadian kebakaran kapal,” pungkas Kepala Pelabuhan Perikanan Pantai Bajomulyo Saptiwi Mumpuni, Msi saat menutup kegiatan rapat koordinasi tersebut.
(Humas Satpolairud)

Exit mobile version