Tak Gelar Demo May Day, Ratusan Buruh di Solo Pilih Kegiatan Jalan Sehat

jateng.tribratanews.com, Polda Jateng, Surakarta – Berbeda dengan kota lain, di Kota Solo tak ada aksi demonstrasi di Peringatan Hari Buruh Internasional, Rabu(01/05/2019). Para buruh memanfaatkan hari libur kali ini dengan kegiatan jalan sehat, senam, donor darah dan pasar murah.

Ratusan buruh memulai berkumpul di Balaikota Surakarta sejak pukul 05.30 WIB. Tak hanya para buruh, kegiatan tersebut juga diikuti instansi pemerintah dan para pengusaha.

Tepat pukul 06.00 WIB, jalan sehat dilepas oleh Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo. Ikut hadir dalam kegiatan tersebut , Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Ribut Hari Wibowo, Dandim 0735/Surakarta, Letkol Inf Ali Akhwan dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya Rudyatmo mengatakan, peringatan Hari Buruh dengan demonstrasi tidak akan bisa menyelesaikan persoalan apalagi tuntutan. Walikota mengaku, sebelumnya telah melakukan koordinasi dengan para pengusaha dan serikat pekerja terkait kegiatan tersebut.

“Kita sudah berkoordinasi dengan para pengusaha. Kedepan saya ingin kegiatan ini bisa diikuti lebih banyak peserta,” katanya.

Dalam kesempatan sama, Ketua Dewan Pimpinan Cabang Serikat Pekerja Nasional (DPC SPN) Solo, Hudi Wasisto menyampaikan, pihaknya ingin tuntutannya bisa langsung didengar oleh pemerintah tanpa harus melakukan aksi demonstrasi.

“Kita ingin pemerintah langsung mendengar tuntutan kami. Sehingga tahun ini kami tidak melakukan aksi demonstrasi,” pungkasnya.

Exit mobile version