Dukung Operasi Keselamatan, Masuk Mapolres Brebes Kendaraan Polisi Diperiksa

jateng.tribratanews.com, Brebes – Memasuki hari ke-2 pelaksanaan Operasi Keselamatan Candi 2019, petugas dari Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polres Brebes dengan didampingi oleh perwira dari Satuan Lalulintas menggelar razia kendaraan bagi jajaran polisi setempat, Selasa (30/4/2019)

Kegiatan dipimpin oleh Kasie Propam Iptu Prapto dan Kanit Laka Satlantas Polres Brebes Iptu Suratman.

Semua personel polisi yang baru berangkat dan bermaksud masuk ke Mapolres, dicegat di gerbang oleh petugas propam baik meraka yang menggunakan kendaraan pribadi maupun inventaris dinas.

Kemudian, jajaran anggota Polres Brebes ini diminta untuk menunjukan surat-surat kelengkapan kendaraan yang mereka tunggangi seperti SIM, STNK, KTP, Kartu tanda anggota (KTA) kepolisian juga diminta ditunjukan serta kelengkapan kendaraan harus sesuai standar termasuk helm SNI.

Kapolres Brebes AKBP Aris Supriyono melalui Kasie Propam Iptu Prapto mengatakan, dalam Operasi Keselamatan Candi 2019, bukan hanya masyarakat saja yang diperiksa kelengkapan kendaraannya, tapi juga anggota polisi. “Seluruh anggota polisi tidak ada bedanya dengan masyarakat. Semua kelengkapan kendaraannya juga turut diperiksa,” tegasnya.

Ia juga menambahkan bahwa, personel polisi harus memberikan teladan kepada masyarakat terkait ketertiban dalam berlalu lintas. “Bagaimana masyarakat mau tertib, kalau aparat penegak hukumnya saja tidak mau mematuhi aturan. Untuk itu, diadakan pula operasi di internal Polri,” imbunya.

Dia menuturkan, apabila ada anggotanya yang melanggar terkait dengan kendaraan maupun surat-surat kendaraannya tidak lengkap, maka anggota akan diberikan sanksi sesuai ketentuan yang ada. Namun dari kegiatan yang dilaksanakan sekitar 30 menit tersebut, tidak diketemukan anggota yang melanggar.

“Jika ada anggota yang melanggar terkait dengan kendaraan maupun surat-surat kendaraannya tidak lengkap, maka akan diberikan sanksi sesuai ketentuan yang ada. Namun dalam razia pagi ini tidak ditemukan pelanggaran yang dilakukan anggota,“ tegasnya. (Hms)

Exit mobile version