Binmas

Hari Kartini, Polwan Polres Kebumen jadi Pembina Upacara di SMK

jateng.tribratanews.com, Polda Jateng, Kebumen – Pagi ini tidak seperti biasanya, dimana para polisi wanita (Polwan) Polres Kebumen menggelar “Polwan Go to School” menyemarakkan peringatan rangkaian kegiatan Hari Kartini 2019.

Kegiatan Polwan Go to School digelar di dua sekolah berbeda, di waktu yang bersamaan yakni di SMK N 1 Kebumen dan MA N 1 Kebumen, Senin (29/04) pagi.

Dalam kesempatannya AKP Marheni dan Iptu Isti Setyasih selaku Polwan senior Polres Kebumen menjadi pembina upacara dalam Upacara Bendera di sekolahan itu.

Dalam sambutannya, AKP Marheni dan Iptu Isti Setyasih membacakan amanat dari asisten Kapolri bidang sumberdaya manusia dihadapan para murid dan dewan guru.

Salah satu yang digaris bawahi dalam amanat pagi tadi yakni masalah berita Hoax yang kian masiv dan sulit dibendung di era informasi digital saat ini.

Melalui kegiatan Polwan Go to School, Kapolri meminta kepada generasi muda untuk lebih tabayyun dalam menerima informasi.

“Yang paling memprihatinkan adalah kasus Hoax atau berita bohong. Kementerian Kominfo merilis ada 800.000 situs terindikasi menyebarkan Hoax di Indonesia,” jelas AKP Marheni saat menjadi Pembina Upacara di MA N 1 Kebumen.

Selanjutnya fenomena informasi Hoax seperti halnya teori jarum suntik dan rata-rata dipercaya oleh lapisan kelas bawah.

Maka dengan adanya Polwan Go to School, diharapkan para pelajar sebagai kaum terdidik bisa lebih bijak lagi dalam menggunakan Medsos dan membagikan informasi secara hati-hati.

Dalam mengatasi berita Hoax, asisten Kapolri bidang sumberdaya manusia menjelaskan, harus dicegah dengan 4c.

Huruf C yang pertama, Cermati judul dengan isi berita, apakah menggunakan bahasa etis. Selanjutnya cermati waktu kejadian berita.

C yang ke dua, adalah Cek. Cek sumber berita apakah keluar dari media terverifikasi atau dari media abal-abal.

Selanjutnya C yang ke tiga, Cari. Cari perbandingan berita bisa mencari klarifikasi dari media atau dari lembaga serta forum anti Hoax.

Selanjutnya untuk huruf C yang terakhir, Cepat. Cepat klarifikasi yang dikeluarkan dari media anti Hoax yang diakui pemerintah.

Dalam amanat tersebut, diharapkan para pelajar lebih bijak lagi dalam menggunakan Medsos dan menerima informasi yang ada di dunia Maya.

Pada kesempatan terakhir, Polwan Polres Kebumen memberikan tali asih dan plakat kepada kepala sekolah, jika kegiatan Polwan Go to School telah dalam rangka memperingati Hari Kartini diselenggarakan di sekolah tersebut.

(Humas Polres Kebumen)

Berita Terkait