Resmikan Monumen Pesawat Legendaris Mig 17 Fresco, Inilah Harapan Panglima TNI

jateng.tribratanews.com Banyumas – Bertempat di Alun-alun Banyumas Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meresmikan Monumen Pesawat Mig 17, Sabtu (6/4/2019).

Peresmian monumen pesawat legendaris di Alun-alun Banyumas tersebut juga dihadiri oleh Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto, Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi dan sejumlah tokoh sipil setempat.

Dalam sambutannya Panglima TNI mengatakan bahwa pesawat Mig 17 adalah pesawat bersejarah jenis pesawat ini menjadi salah satu armada tempur yang digunakan TNI pada waktu itu merebut Irian Barat.

“Mudah mudahan dengan kehadiran pesawat Mig 17 Fresco juga membawa berkah bagi masyarakat, terutama adalah untuk edukasi dan rekreasi di wilayah Alun-alun Banyumas,” kata Panglima TNI.

“Di sini ada tanda 1118. 11 itu adalah nama skadron yang ditempati oleh pesawat Mig 17 ini. 11 menandai bahwa pada waktu itu tahun 55-56 Indonesia baru 11 tahun merdeka dan kita baru memiliki satu skadron pesawat tempur. 18 adalah nomor urut dari pesawat,” tambahnya.

Pesawat buatan Mikoyan Gurevich, Rusia, itu sebelumnya dibawa menggunakan jalan darat dari Lanud Abdulrahman Saleh Malang pada akhir tahun 2017 lalu. Pada masanya, Indonesia mempunyai 49 jenis MIG antara lain MIG 15 Fogot, Mig 17 Fresco, MIG 21 Fishbed dan TU 16. Semua pesawat ini selesai pengabdiannya tahun 1969.

PID Bidhumas Polda Jateng

Exit mobile version