Pembinaan Personel

Berhasil Bekuk Penjambret, Brigadir Han Diberi Reward Kapolres Purworejo

jateng.tribratanews.com, Kapolres Purworejo AKBP Indra K Mangunsong memberi penghargaan kepada Brigadir Han Yulian Guno Atmojo, Senin (1/4). Anggota Satlantas Polres Purworejo itu berhasil menggagalkan aksi penjambretan. Bahkan karena tidak menghiraukan dua tembakan peringatan dan tetap melawan lalu melarikan diri, terduga pelaku tewas setelah kakinya tertembak.

Kapolres AKBP Indra K Mangunsong mengatakan, penghargaan merupakan bentuk apresiasi atas langkah berani yang diambil Brigadir Han. “Brigadir Han sudah sesuai SOP dalam bertindak, yakni mengeluarkan tembakan peringatan sebelum akhirnya terpaksa mengarahkan pada kaki pelaku,” terangnya kepada KR.

Tindakan tegas itu terjadi ketika pelaku berinisial Sya menjambret korban di Jalan Tanjunganom Kutoarjo, Minggu (10/3). Aksi itu diketahui dan pelaku dikejar Brigadir Han dengan motor, hingga keduanya terjatuh di Jalan Gajah Mada depan Swalayan Laris Kutoarjo.

Terjadi pergumulan ketika pelaku mencoba merebut senjata Brigadir Han. Han memberi tembakan peringatan, namun karena masih melawan terpaksa menembak kaki Sya. Bukannya menyerah, Sya merebut motor Brigadir Han dan melarikannya ke arah Purworejo. Namun bari lari sekitar 500 meter dari lokasi kejadian, Sya terjatuh dan dievakuasi ke RS Palang Biru Kutoarjo. Sya tewas dalam perawatan dokter diduga karena kehabisan darah.

Menurutnya, tindakan cepat tanggap yang dilakukan Brigadir Han bisa diteladani anggota Polres Purworejo. AKBP Indra mengaku bangga dengan apa yang dilakukan anak buahnya itu.

“Bukan dikandung maksud bebas menggunakan senjata, namun polisi harus berani bertindak untuk melindungi masyarakat dan lakukan setiap tindakan harus sesuai standar operasi serta aturan yang berlaku,” tegasnya.

Selain itu, Kapolres juga menaikkan pangkat anggota Polsek Purwodadi Ajun Inspektur Satu (Aiptu) Sudiman menjadi Inspektur Dua (Ipda). Kenaikan pangkat Kanit SPKT Polsek Purwodadi itu merupakan penghargaan institusi sesuai pengabdian Ipda Sudiman.

Berita Terkait