Anggota Polres Purbalingga Ikuti Donor Darah HUT TNI AU

jateng.tribratanews.com, Purbalingga – Sejumlah personel Polres Purbalingga mengikuti kegiatan donor darah yang diselenggarakan oleh Lanud Jenderal Besar Soedirman, Desa Wirasaba Kecamatan Bukateja, Senin (1/4/2019) siang. Kegiatan diselenggarakan dalam rangka peringatan HUT TNI Angkatan Udara (AU) ke-73 tahun 2019.

Anggota Polres Purbalingga bergabung dengan personel dari instansi lain dalam donor darah. Para pendonor terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan tensi dan pengecekan lainnya sebelum ditetapkan bisa mengikuti donor darah.

Kabag Sumda Polres Purbalingga Kompol Sargiyata, mengatakan bahwa dalam rangka peringatan HUT TNI AU, Lanud Jenderal Besar Soedirman mengadakan bakti sosial pelayanan donor darah. Kami menunjuk anggota baik polres maupun polsek untuk mengikutinya bergabung dengan peserta dari instansi lain.

“Mengikuti donor darah merupakan wujud kepedulian sosial kepolisian untuk kemanusiaan.Dengan donor darah yang dilakukan anggota selain bermanfaat menjaga kesehatan, juga berperan menambah stok darah di PMI. Sehingga bisa dimanfaatkan bagi masyarakat yang membutuhkan darah,” jelasnya.

Sementara itu, Komandan Lanud Jenderal Besar Soedirman Letkol Pnb Putu Sucahyadi, S.AP, MSc, MMS, mengatakan, donor darah adalah agenda rutin dalam rangkaian HUT TNI ke-73 tahun 2019. Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah mengikuti donor darah.

“Kita ketahui bersama bahwa kebutuhan akan darah untuk masyarakat Purbalingga sangat banyak sedangkan ketersediaan di UTD atau PMI terkadang kurang atau minim. Maka adanya donor darah ini bisa digunakan menambah stok darah yang berguna bagi kemanusiaan,” kata Putut.

Dari pantauan, jumlah peserta donor darah gabungan dari beberapa instansi yang mendaftar sebanyak 95 orang. Namun dari jumlah tersebut hanya 79 orang yang bisa diambil. Sebelumnya dilakukan pengecekan kesehatan, ada sebagian yang ditolak untuk donor karena tidak memenuhi persyaratan, seperti Hemoglobin (HB) yang rendah, tekanan darah yang terlalu tinggi atau sebaliknya.

(Humas Polres Purbalingga)

Exit mobile version