Kanit Binmas Polsek Banyumas Buka Gladi Tangguh dan Diklat Saka Bhayangkara

jateng.tribratanews.com, Banyumas – Kanit Binmas Polsek Banyumas, Polres Banyumas, Polda Jawa Tengah Aiptu Sumaryo mewakili Kapolsek Banyumas menjadi pembina upacara dalam pembukaan gladi tangguh Saka Bhayangkara Polsek Banyumas bertempat di halaman Mapolsek Banyumas, Minggu (31/03/2019).

Kanit Binmas Polsek Banyumas Aiptu Sumaryo mengatakan bahwa Satuan Karya atau Saka merupakan wadah pendidikan diluar lingkungan sekolah yang dapat menyalurkan bakat, minat dan kemampuan peserta didik. Salah satu saka yang paling aktif adalah Saka Bhayangkara.

Saka Bhayangkara sendiri merupakan wadah kegiatan untuk meningkatan pengetahuan dan ketrampilan praktis dalam bidang keamanan dan ketertiban masyarakat atau kamtibmas.

Untuk itu perlu diadakan Gladi Tangguh dan Diklat Krida Saka setiap ada anggota baru Saka Bhayangkara. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 2 (dua) hari bertempat di Mapolsek Banyumas dan Perkebunan Krumput Banyumas. Kegiatan ini diikuti oleh peserta yang terdiri dari 23 peserta dan di dampingi para seniornya.

Kapolres Banyumas AKBP Bambang Yudhantara Salamun melalui Kapolsek Banyumas AKP Soetrisno menuturkan bahwa diadakannya kegiatan gladi tangguh dan Diklat sudah menjadi tradisi bagi anggota Saka Bhayangkara yang baru, tujuannya adalah supaya anggota Saka Bhayangkara memiliki pengalaman, pengetahuan, kecakapan, kemampuan dan keterampilan dalam bidang kebhayangkaraan.

“Selain itu juga memiliki sikap hidup yang tertib dan disiplin, memiliki sikap kebiasaan dan perilaku yang tangguh sehingga dapat membantu Kepolisian dalam mencegah, menangkal serta menanggulangi timbulnya setiap gangguan kamtibmas,” jelas Kapolsek Banyumas.

“Diharapkan pula Pramuka Saka Bhayangkara Polsek Banyumas juga dapat menjadi pelopor keselamatan berlalulintas di masyarakat dan teladan bagi teman teman dilingkungan sekolahnya,” tutup AKP Soetrisno.

Exit mobile version