Binkam

Wakapolsek Limpung Hadiri Tasyakuran Pengabdian TKSK

jateng.tribratanews.com, Batang – Menginjak usia satu Dasawarsa atau 10 tahun mengabdi kepada masyarakat, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kabupaten Batang mengadakan tasyakuran dengan warga disabilitas, lansia dan anak yatim piatu.

Kegiatan yang bertempat di GOR Balai Desa Pungangan Kecamatan Limpung ini mengangkat tema “Melangkah Menjangkau Yang Tak Terjangkau” juga dihadiri oleh Wakil Bupati Batang Suyono beserta Ketua CSR TKSK sekaligus Direktur PDAM Batang Yuli, Wakapolsek Limpung Polres Batang Iptu Edi Sunaryo, Kamis (14/3/19).

Selain pemberian bantuan kepada penyandang disabilitas, lansia dan yatim piatu, acara juga dimeriahkan oleh penampilan bermain musik angklung dari salah satu penyandang disabilitas.

Koordinator TKSK Kabupaten Batang Hendra Lukmana mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk manisfestasi sosial pengabdian kepada masyarakat.

Selain itu juga sebagai ungkapan rasa syukur, mempererat tali ajang silaturahmi dan meningkatkan spirit kita dalam membangun gairah untuk mengentaskan permasalahan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) yang ada di Kabupaten Batang.

“Alhamdulilah selama mengabdi teman-teman TKSK sudah banyak merealisasikan program disabilitas seperti tangan palsu, kaki palsu, kursi roda, ASODK atau disabel berat dan asistensi lanjut usia terlantar” terangnya

Untuk asistensi lanjut usia lanjutnya. yakni pemberian santuanan kepada jompo sebasar Rp. 150 ribu rupiah tiap bulannya. Tak hanya itu TKSK juga melakukan pemberdayaan difabel sesuai dengan keahlian masing masing seperti toko, musik dan juga komunitas difabel.
Ia juga menyampaikan bahwasanya untuk menjadi relawan TKSK tidaklah mudah. Selain harus memiliki jiwa sosial tinggi juga harus kebal terhadap rintangan di masyarakat, setiap warga memiliki permasalahan sendiri jadi penangannyapun berbeda-beda.

“Harapanya kedepan semoga dalam pelaksanaa penangananan untuk permasalahan kesejahteraan sosial semakin maksimal, mumpuni dan dapat mengentas permasalahan kesejahteraan sosial” ucapnua
Ia juga menambahkan, dibawah kepemimpinan Wihaji dan Suyono teman-teman TKSK juga telah mendapat bantuan sebuah sepeda motor guna menunjang aktifitas kami untuk terjun dimasyarakat membantu permasalahan masyarakat.

Sementara Wabup Suyono yang hadir dalam acara tersebut menyampaikan, hari ini begitu luar biasa dimana para relawan TKSK telah berusia 10 tahun dalam menjangkau, melayani permasalahan sosial yang ada di Kabupaten Batang. Semangat teman-teman TKSK tak pernah padam dalam mengawal, memberikan kesejahteraan dan sekilgus sebagai sambung lidah pemerintah kepada masyarakat desa.

“Perjuangan yang begitu luar biasa ini tidak bisa dinilai dengan apapun kecuali mengharap balasan dari Allah SWT, saya sangat mengapresiasi teman-teman TKSK yang telah berjuang,” ucapnya.

Tanpa relawan TKSK lanjutnya, belum tentu program Pemerintah Daerah dapat sampai dan diterima oleh masyarakat. Mengurangi tingkat kemiskinan sangatlah sulit untuk itu peran dari TKSK sangat ditunggu.
Perhatian TKSK terhadap para difabel patut diapresiasi dengan melakukan pembina, pemberdayaan sesuai dengan keahlian masing-masing, ini penting untuk meningkatkan kesejahyeraan kaum difabel.

“Jangan hanya kita berpasrah diri, pesimis terhadap kondisi kita, tapi optimis dan terus berjuang untuk meraih masa depan yang lebih baik lagi,” pungkasnya.

Dalam kesempatan ini, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Batang yang diwakili oleh Sekretaris memberikan apresiasi atas pengabdian 10 tahun TKSK Kabupaten Batang kepada masyarakat.

“Terima kasih kepada TKSK yang selama ini banyak membantu pemerintah kota dalam masalah penanganan kesejahteraan sosial (PMKS) diBatang,” tutupnya.

Berita Terkait