212 Personel Polres Wonosobo Jalani Pemeriksaan Kesehatan Berkala 2019

jateng.tribratanews.com, Wonosobo – Urusan Kesehatan (Urkes) Polres Wonosobo dan Biddokkes Polda Jateng yang dipimpin oleh AKBP dr. M Khusnan Marzuki M., M.M. bekerja sama dengan Laboratorium Kualita Medika menggelar Pemeriksaan Kesehatan (Rikkes) berkala Tahun 2019 bagi personel Polres Wonosobo, Senin (18/2/2019.

Kegiatan pemeriksaan Kesehatan Berkala tahun ini merupakan agenda tahunan dengan didukung dari Anggaran DIPA Biddokkes Polda Jateng TA. 2019. Kegiatan ini di laksanakan di Gedung Serba Guna Polres Wonosobo Jl. Bhayangkara No. 18 Wonosobo dimana pada tahun ini bekerja sama dengan Laboratorium Kualita Medika.

Seperti biasanya, Pemeriksaan Berkala ini dilaksanakan berdasarkan 3 Inten. Yaitu Inten 1, Inten 2 dan Inten 3. Pemeriksaan inten ini dikategorikan berdasarkan Umur dari personil. Dimana Inten 1 di lakukan terhadap personil yang berumur ≥ 41 tahun, Inten 2 diperuntukkan bagi personil umur 31 – 40 Tahun, dan Inten 3 bagi yang berumur ≤ 30 tahun.

Pemeriksaan Kesehatan ini meliputi pemeriksaan Laboratorium lengkap baik darah maupun urine, EKG, Treadmill, Foto Rontgen, Tinggi Badan dan Berat Badan, Tensi, Pemeriksaan gigi atau Odontogram.

Kapolres Wonosobo AKBP Abdul Waras S.I.K. melalui Paurkes Ipda Dwi Yuliyanto, S.Kep menyatakan bahwa kegiatan Pemeriksaan Kesehatan ini merupakan kegiatan rutin dimana kegiatan ini bukan hanya program Biddokkes saja tapi untuk pemetaan kondisi kesehatan personil terkait dalam pelaksanaan tugas sehari hari. Karena akhir akhir ini banyak Anggota yang meninggal saat dinas.

“Apabila pada saat Rikkes berkala ini ditemukan kelainan, nantinya bisa segera ditindaklanjuti di RS Bhayangkara Semarang,” ungkap Ipda Dwi Yulianto.

Ipda Dwi menambahkan, selain itu kegiatan Pemeriksaan Berkala ini sebagai data rekam jejak data personil melalui pemeriksaan Odontogram.

“Pemeriksaan kesehatan ini adalah untuk kebaikan kita semua, periksakan kesehatan diri kita sebelum sakit, dan sehat itu mahal harganya,” imbuhnya.

Perlu diketahui untuk tahun 2019 ini sebanyak 212 personel jajaran Polres Wonosobo yang melaksanakan Periksaan Berkala dengan rincian : Inten 1 sebanyak 89 personil, Inten 2 sebanyak 74 personil, dan Inten 3 sebanyak 49 Personil.

Ipda Dwi Yuliyanto, S.Kep menambahkan nantinya hasil pemeriksaan kesehatan berkala ini akan dikirim kembali ke masing-masing Satker dengan hasil pemeriksaan yang ada.

Pemeriksaan kesehatan secara berkala ini mendapat Apresiasi langsung dari Kapolres Wonosobo AKBP Abdul Waras S.I.K. Beliau mengucapkan Terimakasih kepada Tim dari Biddokkes Polda Jateng yang di pimpin oleh AKBP dr Khusnan Marzuki M., M.M dan Urkes Polres Wonosobo yang telah melaksanakan kegiatan Pemeriksaan Berkala ini dengan lancar.

Kapolres manambahkan bahwa pemeriksaan kesehatan berkala ini adalah sebagai deteksi dini kesehatan anggota. Beliau juga berpesan, Manfaatkanlah sebaik mungkin fasilitas rikkes yang sudah diberikan ini dengan sebaik mungkin. (cpg)

Exit mobile version