Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Batang Terus Lakukan Sosialisasi

jateng.tribratanews.com, Polda Jateng, Batang – Ketua KPU Kabupaten Batang Nur Tofan mengatakan, Pemilihan Umum yang tinggal menghitung hari, yang pelaksanaanya 17 April 2019 mendatang. Namun di daerah belum ada grengnya walaupun di pusat atau diatas sudah ada dinamikanya.

“Pesta demokrasi harus dihadapi dengan semangat dan gembira ria, maka saya ajak organisasi masyarakat dan LSM untuk mendorong informasi pemilu sampai pada pemilih,” kata Ketua KPU Nur Tofan saat rapat Koordinasi Kesiapan Partisipasi Masyarakat dalam Pemilu 2019 Selasa (12/2/19) di Hotel Sendang Sari Batang.

Untuk mensukseskan Pemilu KPU Kabupaten Batang telah membentuk Relawan Demokrasi lanjutnya, ada 55 orang relawan yang sudah satu minggu ini sudah melakukan sosialisasi, mereka sudah bergerak dari kampung ke kampung dan komunitas.

“Kita targetkan 77,5 persen partisipasi pemilih, dan sesuai data KPU Batang partisipasi masyarakatnya sangat bagus dan memenuhi target,” katanya
Dijelaskan pula pemilu 2014 partisipasi pemilih Kabupaten Batang mencapai 77.8 persen untuk Pemilu legislatif, Pemilihan Presiden 2014 angka partisipasinya 73,5 persen.

“Saya harap angka kehadiran pemilih bisa di dorong semakin naik dari tahun ke tahun. Karena Kesuksesan tidak pernah lepas dari seluruh komponen semua bangsa yang menjadi tanggung jawab semua elemen bangsa,” jelasnya.

Sementara Ketua Divisi Sosialisasi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU kabupaten Batang Gunadi mengatakan bahwa mulai tanggal 28 Februari dan 27 Maret 2019 membentuk Kelompok Penyelanggara Pemungutan Suara (KPPS) di 2.522 Tempat Pemungutan Suara, yang tugasnya melaksanakan penghitungan suara saja, tapi juga melakukan sosialiasai pendidikan pemilih.

“Pemilu 2019 seharusnya lebih baik, karena ada kewajiban KPPS untuk ikut mensosialisasikan pendidikan pemilih,” jelasnya.

Dikesempatan tersebut juga disampaikan bahwa KPU siap memberikan pelayanan pemilih yang akan pindah memilih paling lambat 17 Februari 2019. Adapun pemilih yang bisa pindah yaitu pemilih yang bekerja diluar domisili, sedang belajar, nyantri atau kuliah, sedang di rawat panti sosial atau rehabilitasi, sedang jadi Napi Tahanan dan pemilih yang tertimpa bencana alam.

“Daftar pemilih berdasarkan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP-2) untuk pemilih Laki – laki sebanyak 302. 837 orang, pemilih perempuan 303. 453 orang dengan jumlah total pemilih 606.290 orang,” jelasnya.

Untuk memberikan rasa aman, nampak personel Polres Batang mengamankan acara tersebut.

Exit mobile version