Pembinaan PersonelSamapta

Asah Kemampuan, Polres Sukoharjo Gelar Latihan Tanggap Darurat Bencana

jateng.tribratanews.com, Sukoharjo – Memasuki musim penghujan juga di iringi dengan adanya ancaman bencana alam seperti tanah longsor dan banjir atupun bencana angin puting beliung. Sebagai langkah kesiapsiagaan akan adanya ancaman bencana yang setiap waktu bias dating, Polres Sukoharjo menggelar latihan tanggap darurat bencana di Waduk Mulur, Kecamatan Bendosari, Sukoharjo (31/10/2017).

Angggota Polres Sukoharjo yang mengikuti latihan tanggap darurat bencana, mendapatkan pelatihan dari  Brimob dan Basarnas Kabupaten Sukoharjo.

“Latihan ini dalam rangka mempersiapkan dan meningkatkan kemampuan petugas khususnya Satuan Sabhara dalam hal menanggapi bencana baik di perairan maupun di daratan,” ujar Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi.

Menurutnya, pelatihan tersebut untuk memastikan apabila terjadi bencana alam, petugas utamanya anggota polisi sudah siap. Terlebih lagi, sesuai kalender tahunan di Kabupaten Sukoharjo, tiap tahun selalu ada bencana banjir di tempat tertentu yng sudah dipastikan, antara lain Kecamatan Mojolaban.

Kapolres mengaku, langkah yang paling tepat adalah dengan menyiapkan diri dengan berlatih. Selamna ini, ujarnya, Mabes Polri sudah memberikan dukungan dengan peralatan canggih yang bisa digunakan untuk tanggap darurat bencana. Untuk itu, dibutuhkan operator yang mahir terhadap peralatan yang diberikan.

“Pelatihan juga bertujuan agar seluruh personil kepolisian mampu menggunakan segala perlengkapan yang dibutuhkan saat terjadi bencana. Setiap anggota juga dituntut bisa bekerja sama dengan instansi lain dalam penanganan dan penanggulangan jika terjadi bencana alam, sehingga bisa meminimalisir adanya korban harta dan korban jiwa,” tambahnya.

Sementara itu, untuk kewaspadaan terhadap potensi terjadinya bencana alam, pihak kepolisian akan memaksimalkan fungsi dari Bhabinkamtibmas di setiap desa. Personil Bhabinkamtibmas juga diharapkan dapat bekerja sama dengan semua lapisan masyarakat dalam memantau perkembangan yang terjadi di wilayahnya masing-masing.

Berita Terkait