FeaturedPembinaan Personel

334 Peserta PAG Ikuti Assessment Test

jateng.tribratanews.com, Kota Semarang – Bertempat di Aula Gedung Pancasila Akpol Semarang telah dilaksanakan Assessment Test dalam rangka Seleksi Pendidikan Alih Golongan (PAG) dari Bintara ke Perwira TA. 2017 Panda Jateng yang dipimpin oleh Kepala Bagian Pembinaan Karier (Kabagbinkar) Biro Sumber Daya Manusia (Ro SDM) Polda Jateng AKBP Hendra Wirawan SH. S.I.K, Senin (30/10/ 2017).

Kegiatan Assessment Test diikuti Peserta sebanyak 334 peserta. Dari Polda Jateng yang mengikuti test sejumlah 309 Pesonel yang terdiri dari 298 Polisi laki-laki (Polki) dan 11 Personel Polwan. Sedangkan dari SPN Jateng terdiri dari 11 personel Polki dan 2 Personel Polwan. Dari Akademi Kepolisian yang mengikuti tes berjumlah 8 personel Polki. Sedangkan Pusdik Binmas mengikutkan 3 personel Polki dan Ticket Holder dipegang oleh seorang Polwan.

Sebelum dimulainya Assessment Test peserta melaksanaan kodefikasi no ujian guna memastikan pengacakan no ujian demi tercapainya prinsip betah serta clear n clean tanpa KKN.

Dilanjutkan pembukaan kotak Segel soal yang berisi CD Master Assessment Test PAG TA 2017 oleh Tim Wasdal, propam, paminal, itwasda dan disaksikan didepan peserta serta perwakilan peserta.

Sebelum peserta mengerjakan Assessmen tes diawali dengan Proses penggandaan soal Assessment Test dan pembagian Lembar Jawab Komputer.

Peserta melaksanakan Assessment Test item pertama yang terdiri dari 57 soal dan 12 halaman, pelaksanaan assessment test item kedua yang terdiri dari 115 soal dan 8 halaman.

Terkait teknis pelaksanaan Assessment Test PAG TA. 2017 Akbp. Hendra Wirawan SH. S.IK selaku wakil penyelenggara assesment menyampaikan Kemungkinan ke depan seleksi dikbangum kepolisian akan menggunakan Assessment test, terdiri dari tiga macam item test diantaranya” Diskusi, Wawancara dan CAT Ungkap Kabagbinkar Ro SDM Polda Jateng.

Proses Assesment Test seleksi PAG TA 2017 merupakan yg pertama kali dalam sejarah seleksi dikbangum polri, sehingga diharapkan keluaran out come yg dihasilkan mampu menciptakan perwira polri yang mahir trampil dan berkelas serta memiliki nilai kejuangan dan atitude yg diharapkan organisasi polri.

Setelah pelaksanaan tes assesment akan dilanjutkan sidang kelulusan peserta selekai PAG TA 2017 yang mana jadwal pelaksanaannya menunggu Surat Telegram petunjuk pelaksanaan dari SSDM mabea polri.

Adapun pendidikan PAG TA 2017 kali ini sangat spesial karena akan dilaksanalan selama 1 bulan penuh bertempat di Sukabumi guna menciptakan insan perwira bhayangkara polri yang profesional, modern dan terpercaya.

Penulis : Munir.

Berita Terkait