Polres Kudus Gelar Upacara Dalam Rangka Peringatan Sumpah Pemuda Ke 89

jateng.tribratanews.com Kudus – Hari ini Bangsa Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke-89. Dimana pada peringatan sumpah pemuda tahun ini mengusung tema “Pemuda Indonesia Berani Bersatu”.

Begitu pula Kepolisian Resor Kudus,  Upacara dalam rangka  Peringatan Hari Sumpah Pemuda digelar dihalaman Mapolres Kudus Sabtu (28/10/2017) pagi.

Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Kudus AKBP Agusman Gurning Sik,MH dan ikuti oleh Waka Polres Kudus Kompol M Ridwan Sik,Msi., para Kabag, Kasat, Kasi,Kapolsek jajaran, serta anggota Mapolres Kudus dan Polsek jajaran.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Kudus AKBP Agusman Gurning Sik, MH membacakan amanat tertulis dari Menteri Pemuda dan Olahraga RI yang yang intinya Delapan puluh sembilan tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 28 oktober 1928, sebanyak 71 pemuda dari seluruh penjuru tanah air, berkumpul di sebuah gedung di jalan kramat raya, daerah kwitang jakarta. Mereka mengikrarkan diri sebagai satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa yaitu, indonesia. Sungguh, sebuah ikrar yang sangat monumental.

Sumpah pemuda dibacakan di arena kongres pemuda ke-2, dihadiri oleh pemuda lintas suku, agama dan daerah. Jika kita membaca dokumen sejarah kongres pemuda ke-2, kita akan menemukan daftar panitia dan peserta kongres yang berasal dari pulau-pulau terjauh indonesia. Secara imaginatif sulit rasanya membayangkan mereka dapat bertemu dengan mudah.

“Mari kita cukupkan Persatuan dan kesatuan Indonesia stop segala bentuk perdebatan yang mengarah pada perpecahan bangsa kita seharusnya malu dengan pemuda 1928 dan juga Bung Karno .sudah saatnya kita melangkah dan keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia”, Ucap Kapolres Kudus.(DD Humas Kudus)

Exit mobile version