Pembinaan Personel

Pimpin Upacara Hari Sumpah Pemuda Wakapolres Purbalingga Bacakan Amanat Menteri Pemuda dan Olahraga

jateng.tribratanews.com, Purbalingga – Wakapolres Purbalingga Kompol Sigit Martanto, S.H. menjadi Irup dalam upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89 tahun 2017 di halaman Mapolres, Sabtu (28/10/2017).

Upacara diikuti oleh para kabag, kasat, kapolsek dan anggota Polres Pubalingga serta Aparatur Sipil Negara (ASN). Berbeda dengan upacara biasanya, para peserta upacara kali ini seluruhnya menggunakan Pakaian Dinas Upacara (PDU).

Dalam upacara Wakapolres Purbalingga membacakan amanat tertulis dari Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. Isi amanat antara lain menjelaskan sejarah lahirnya Sumpah Pemuda pada tahun 1928.

Tepatnya tanggal 28 Oktober 1928 sebanyak 71 pemuda dari seluruh penjuru tanah air berkumpul dalam gedung di jalan Kramat Raya Jakarta. Mereka mengikrarkan diri sebagai Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa yaitu Indonesia. Ikrar tersebut 17 tahun kemudian melahirkan Proklamasi Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 1945.

Kita patut bersyukur atas sumbangsih para pemuda Indonesia yang sudah melahirkan Sumpah Pemuda. Sudah seharusnya kita meneladani langkah-langkah dan keberanian mereka hingga mampu menorehkan sejarah emas untuk bangsanya.

“Mari kita cukupkan persatuan dan kesatuan Indonesia. Stop segala bentuk perdebatan yang mengarah pada perpecahan bangsa. Sudah saatnya kita melangkah ke tujuan lain yang lebih besar, yaitu mewujudkan kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” ucap Wakapolres membacakan amanat.

( Humas Polres Purbalingga Polda Jateng )

Berita Terkait