BinkamSamapta

Personel Polres Demak Kedepankan Sikap Humanis dalam Pengamanan Orasi

jateng.tribratanews.com, Demak Polda Jateng – Gabungan personel Satuan fungsi  jajaran Polres Demak bersama Anggota Polsek Demak Kota melaksanakan pengamanan kegiatan orasi yang dilakukan massa pendukung dan tim sukses dari Calon kades Sdr Fatoni Desa Kebonbatur, Mranggen Kabupaten Demak. Kamis ( 26/10/2017)

Orasi yang dilakukan guna menyampaikan pendapat aspirasi kepada Bupati Demak terkait hasil pelaksanaan Pilkades di desa Batursari.

Sesampai di depan pendopo, puluhan personel Polri dengan sikap tegas dan humanis memberikan pemgamanan kepada massa yang berkumpul di depan pintu gerbang Pendopo Demak.

Didepan gerbang pendopo Demak, massa melakukan orasi singkat sambil membawa spanduk serta kertas yang bertuliskan kata kata terkait proses pelaksanaan pilkades yang dinilai tidak transparan dan diduga kuat adanya kecurangan.

Selanjutnya pukul 13.30 Wib Bupati Demak HM Natsir, SAg, MM, MPd yang didampingi, Sekda Demak dr Singgih Setiyono MMR, Kabag Ops Res Demak Kompol Sutomo, Asisten 1 Sekda Drs Nurwahyudi, Asisten dua Sekda Agus Supriyanto, Kabag Pem umum Edi Suntoro SE, serta Kabag hukum Ridodin SH MH menemui warga.

Dari pihak massa yang diwakili 6 orang antara lain sdr. Ahmadi, Taufik hidayat, Hakim, Rouf, Mujiono, Siswoyo menyampaikan tuntutan antara lain DPT ganda yang diberikan pada H-5 kepada warga yang seharusnya tidak punya hak pilih.

Dalam pelaksanaan mediasi, Bupati Demak  mengatakan bahwa setelah selesai pemilihan Kepala Desa Kebonbatur,  Camat Mranggen melaporkan kepada Bupati Demak, bahwa Pilkades berjalan aman, lancar, tertib dan sudah sesuai aturan sehingga Bupati Demak menganggap bahwa Pilkades DesaKebonbatur sudah sesuai aturan hukum.

Sementara itu dari hasil mediasi antara Bupati Demak dengan warga, bahwasanya pihak Pemkab tidak dapat memutuskan mana yang salah dan mana yang benar sehingga Pemkab menyarankan untuk maju ke Peradilan dengan mambawa bukti dan data data serta saksi yang dianggap kuat untuk proses selanjutnya.

Selanjutnya massa membubarkan diri dan kembali ke runah masing masing  dengan suasana tertib.

Penulis : Enny_smde

Berita Terkait